Pj Teguh Pastikan Kesiapan Anggaran Makan Bergizi, Tinggal Tunggu Arahan Pusat

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 24 Oktober 2024 | 19:51 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. (SinPo.id/Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. (SinPo.id/Pemprov DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk program makan bergizi gratis (MBG), yang kemungkinan masuk dalam APBD 2025. 

Menurut Teguh, Pemprov DKI akan menunggu arahan dari Pemerintah Pusat, mengenai masalah teknisnya. 

"Kami menunggu program dari pusat, tapi untuk masalah anggaran sudah kami siapkan. Jumlahnya Insya Allah mencukupi," kata Teguh di Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2024. 

Namun, Teguh mengaku belum mengetahui secara pasti, berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk melaksanakan program tersebut. Karena itu, masih diperlukan pembahasan dengan DPRD mengenai jumlah dana untuk program itu masuk masuk APBD 2025. 

"Tapi kami sudah menyiapkan yang mencukupilah. Kami yakin bisa melakukannya," kata dia. 

Lebih lanjut, Teguh berharap, Jakarta menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain  dalam penerapan program makan bergizi tersebut. 

"Kami berharap DKI Jakarta sebagai barometer bisa menjadi role model percontoh juga untuk daerah-daerah lainnya. Kami pastikan InsyaAllah Jakarta siap melakukan sesuai arahan Pemerintah Pusat," tukasnya. 

Sebagai informasi, Pemprov DKI  telah mengajukan APBD 2025 sebesar Rp 91,1 triliun kepada DPRD melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

TAPD mengusulkan besaran APBD 2025 dengan rincian dari Rancangan Awal Rp 84,32 triliun dan Penyesuaian Alokasi Belanja atas Penambahan Pendapatan Transfer Rp 6,8 triliun. Untuk pendapatan daerah Rp 74,87 triliun, belanja daerah Rp 75,51 triliun, penerimaan pembiayaan Rp 9,45 triliun, dan lengeluaran pembiayaan Rp 8,81 triliun.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI