Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Hadirkan Pameran Pakkamase di Makassar

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 00:41 WIB
Museum Kepresidenan
Museum Kepresidenan

SinPo.id -  Dalam upaya mengembangkan wawasan dan memperluas akses publik terhadap sejarah kepemimpinan nasional, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyelenggarakan agenda Museum Keliling di Benteng Rotterdam yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Mengusung tema “Pakkamase” yang memperkenalkan cerita dan sisi humanis dari para pemimpin bangsa. Kegiatan ini akan menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik seperti pameran, wicara publik, lokakarya, susur kota dan tur museum, pemutaran film tentang tokoh bangsa, hingga kegiatan seni dan budaya dalam panggung senja dan malam bersama komunitas. Kegiatan Museum Keliling di Benteng Rotterdam akan berlangsung  sejak 18 Oktober 2024 hingga tanggal 31 Oktober 2024. 

Agenda Museum Keliling dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Kota Makassar bukan pertama dilaksanakan, sebelumnya kegiatan Museum Keliling ini telah dilaksanakan di Kota Bogor pada 14 September lalu. Adapun pemilihan Kota Makassar sebagai lokasi pelaksanaan Museum Keliling karena Kota Makassar merupakan  tempat kelahiran tokoh nasional seperti Presiden B.J. Habibie dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, selain itu Kota Makassar juga merupakan sentral dari wajah Indonesia Timur, sehingga dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan kesan tersendiri bagi museum untuk mengoptimalisasikan programnya dalam menginformasikan dan mengenalkan museum secara luas ke masyarakat.

Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra menyampaikan kegiatan ini akan dilaksanakan di salah satu cagar budaya nasional yang memiliki nilai sejarah yang penting di Kota Makassar, yaitu Benteng Rotterdam, hal ini sejalan dengan semangat reimajinasi museum yang diusung oleh IHA dengan mendorong kolaborasi strategis antar museum dan juga cagar budaya untuk menghadirkan program yang menarik, interaktif, dan relevan dengan perkembangan zaman, hal tersebut sejalan dengan pilar reprogramming yang dijalankan oleh IHA dan juga seluruh unit Museum dan Cagar Budaya yang kami kelola. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat mengkolaborasikan bagaimana koleksi sejarah di museum dengan nilai historis dari cagar budaya dan mendorong adanya daya tarik bagi masyarakat untuk hadir dalam kegiatan ini," ujarnya pada Selasa 22 Oktober 2024.

Salah satu program unggulan yang dihadirkan dalam Museum Keliling adalah Pameran Temporer “Pakkamase”, yang memamerkan memorabilia, arsip foto, serta benda-benda yang menggambarkan kecintaan para Presiden terhadap keluarga dan rakyat. Pameran ini menawarkan perspektif baru tentang kepemimpinan yang lebih dekat dan personal, yang diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam kepada masyarakat.

Selain pameran, Wicara Publik juga akan digelar untuk mendiskusikan peran keluarga dalam memotivasi para pemimpin bangsa, serta bagaimana Presiden berinteraksi dengan rakyatnya. 

 

Sebagai upaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga menghadirkan Lokakarya dalam berbagai topik seperti crafting, penulisan, dan pembuatan konten video. Lokakarya ini diharapkan bisa menumbuhkan kreativitas generasi muda sekaligus menjadi sarana bagi mereka untuk belajar dan mempromosikan sejarah bangsa melalui karya-karya yang dihasilkan.

Salah satu kegiatan yang menarik lainnya adalah kegiatan Susur Kota, tur bersejarah yang mengajak peserta menjelajahi lokasi-lokasi penting di Makassar yang terkait dengan perjuangan bangsa, seperti perjalanan napak tilas Presiden Sukarno dan Presiden Soeharto dalam usaha pembebasan Irian Barat di Monumen Mandala, berlanjut ke Jalan Cendrawasih yang menceritakan sejarah Presiden Soekarno, hingga berakhir di Benteng Rotterdam. 

Linda Siagian, Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengungkapkan ingin koleksi dari Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti tentang sejarah tokoh bangsa khususnya para pemimpin Indonesia dapat sampai ke berbagai penjuru Indonesia, melalui informasi di media sosial, maupun program museum keliling seperti ini yang membawa langsung koleksi ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kami tentunya berharap kegiatan ini akan terus berjalan sehingga kami dapat membawa dan memperkenalkan koleksi museum ke berbagai kota dan ruang publik yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat," ujarnya.

Berbagai kegiatan seni dan budaya juga akan hadir dalam Panggung Senja dan Panggung Malam, menampilkan seni tradisional dan modern dari komunitas lokal, hingga penayangan film inspirasi tokoh bangsa. Dengan konsep yang inovatif dan inklusif, Museum Keliling Koleksi Kepresidenan: Pakkamase ini diharapkan dapat mendekatkan museum kepada masyarakat luas, khususnya di wilayah Indonesia. 

"Kegiatan Museum Keliling Koleksi Kepresidenan di Kota Makassar ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Kegiatan Museum Keliling dan program publik lainnya dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, kunjungi akun Instagram kami di @balaikirti," tambahnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI