Survei LSI: Prabowo Subianto di Puncak Popularitas, Tingkat Kesukaan Capai 90,5 Persen

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 22 Oktober 2024 | 19:27 WIB
Presiden Prabowo Subianto (SinPo.id/Istimewa)
Presiden Prabowo Subianto (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Prabowo Subianto kini memegang puncak popularitas dalam politik Indonesia, dengan tingkat kesukaan mencapai 90,5 persen.

Dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran juga melonjak menjadi 69,1 persen, menunjukkan harapan publik yang tinggi terhadap kepemimpinannya.

"Angka ini mencerminkan keinginan masyarakat untuk perubahan dan harapan baru. Namun, tantangan besar sudah menunggu di depan," ungkap Denny JA, pendiri LSI, Selasa, 22 Oktober 2024.

Meskipun survei menunjukkan bahwa 68,2 persen responden menilai kondisi ekonomi saat ini baik, namun 65 persen masyarakat merasa lapangan pekerjaan semakin sulit, dan 64 persen merasa kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 

Prabowo juga, kata dia, harus menghadapi isu penurunan indeks demokrasi dan stagnasi dalam penanganan korupsi.

"Kami berharap Prabowo mampu mengatasi masalah ini. Keberhasilan pemerintahannya akan sangat bergantung pada seberapa baik ia menangani isu-isu fundamental ini," ujar Denny. 

Menurut dia, dengan karakter sebagai pemimpin yang merangkul banyak pihak, Prabowo dikenal sebagai 'coalition builder'. 

"Satu musuh terlalu banyak, seribu kawan terlalu sedikit, yang mencerminkan pendekatannya untuk menjaga kerukunan di tengah perbedaan," tuturnya. 

Kendati demikian, tantangan yang dihadapi Prabowo bukanlah hal yang sepele. Jika tidak dikelola dengan baik, fase 'bulan madu' ini bisa segera berakhir. 

"Tindakan dan keputusan yang diambil dalam waktu dekat akan menentukan masa depan kepemimpinannya," kata Denny.

Dia menambahkan, kini Prabowo memiliki kesempatan untuk meninggalkan warisan yang berarti. Dengan dukungan publik yang melimpah, Prabowo diharapkan dapat mewujudkan harapan rakyat Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI