PELANTIKAN PJ GUBERNUR JAKARTA

Tito Minta Pj Gubernur DKI Teguh Siapkan Konsep DKJ

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 18 Oktober 2024 | 15:48 WIB
Proses pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. (SinPo.id/ Dok. Kemendagri)
Proses pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. (SinPo.id/ Dok. Kemendagri)

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik, Teguh Setyabudi, menyiapkan konsep Jakarta sebagai Kota global. Karena, Jakarta pada masa mendatang tidak lagi menjadi ibu kota negara. 

"Saya juga minta Pak Teguh untuk mempersiapkan konsep Jakarta ketika nanti Jakarta, DKI tidak lagi menjadi ibu kota, tapi DKJ. Di mana ibu kota pindah ke IKN, maka ini harus siapkan konsep dari pusat ekonomi, jasa, dan kota global," kata Tito kepada wartawan, Jumat, 18 Oktober 2024. 

Tito juga meminta Teguh dapat mendukung proses transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

"Saya sudah sampaikan, agenda yang harus dikerjakan adalah mendukung berlangsungnya proses handing over pemerintahan nasional, pemimpinan pemerintahan nasional tanggal 20 Oktober dan seterusnya," kata dia.

Selain itu, Teguh juga diminta melaksanakan kegiatan-kegiatan reguler dan memastikan provinsi tetap berjalan dengan segala permasalahannya. Termasuk mengatasi kemacetan, banjir dan penataan daerah kumuh.

"Terutama masalah kemacetan kemudian masalah polusi udara, daerah-daerah kumuh, kemudian juga masalah banjir," ucapnya.

Lebih lanjut, Tito meyakini, Teguh mampu memimpin Jakarta, menggantikan Heru Budi. Karena, dari latar belakangnya, Teguh sudah  pernah mengemban sejumlah jabatan strategis di lingkup Kemendagri, seperti Kepala Biro Umum Setjen Kemendagri pada tahun 2010 hingga 2014, Direktur Otsus dan PD di Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri pada 2014 hingga 2016.

Kemudian, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri pada 2022 hingga diangkat menjadi Dirjen Dukcapil Kemendagri pada tahun 2023.

Teguh juga pernah beberapa kali ditunjuk sebagai Pj Gubernur. Di tahun 2018, pernah  sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara. Di tahun 2020, ia kembali ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kalimantan Utara.

"Sehingga kami tidak meragukan Pak Teguh akan mampu, tapi tentunya perlu koordinasi dengan Pak Heru terus-menerus," tukasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI