MUI Optimis Ekonomi Syariah dan Halal Semakin Kuat di Era Kepemimpinan Prabowo-Gibran

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 07:35 WIB
Gedung MUI (SinPo.id/MUI)
Gedung MUI (SinPo.id/MUI)

SinPo.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) optimis ekonomi syariah dan halal akan diteruskan di bawah kepemimpinan presiden dan wakil preisden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahuddin Al Aiyub menyampaikan, ekonomi syariah dan halal merupakan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk dijalankan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Sosok yang akrab disapa Kiai Ayyub ini mengungkapkan, ada langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh KH Ma'ruf Amin selama memimpin ekononi syariah dan halal.

Di antaranya, memasukkan agenda ekonomi syariah dan halal ini ke dalam agenda nasional yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Dalam RPJPN tersebut tertulis secara eksplisit agenda pembangunan ekonomi dan keuangan syariah.

Selain itu, Kiai Ayyub mengungkapkan, ekonomi syariah dan halal ini telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 yang kemudiaan secara paralel dirumuskan di dalam master plan ekonomi syariah 2025-2029.

"Oleh karena itu, ini sudah menjadi dokumen resmi negara untuk pembangunan ekonomi dan keungan syariah ke depannya. Ini adalah hal strategis yang sebelumnya belum kita dapatkan," kata Ayyub dalam keterangannya, dikutip Jumat, 18 Oktober 2024.

Oleh karena itu, MUI optimis bahwa keberlanjutan yang dilakukan pemerintah sekarang ini dilakukan oleh pemerintah selanjutnya.

"Itu harusnya (dilakukan) karena sudah masuk dokumen negara ini. Harusnya lebih kuat ke depannya," tegasnya.

Ia menegaskan, MUI optimis bahwa ekonomi syariah dan halal akan dilakukan di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Kiai Ayyub menjelaskan, selain dokumen tersebut, ekonomi syariah dan halal juga masuk ke dalam Asta Cita visi dan misi Prabowo-Gibran. Diantara isinya terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah sehingga, bakal menjadi agenda utama pemerintahan yang akan datang.

"Kita optimis ke depannya karena lembaran negara sudah mencantumkan itu dan sudah sesuai diselaraskan Asta Cita visi dan misi pemerintahan ke depan," ujarnya.

Lebih lanjut, Kiai Ayyub merasa optimis bahwa ekonomi syariah dan halal di Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran akan lebih kuat ke depannya.

"Tinggal kita umat Islam, para aktivis, pemangku kepentingan untuk memastikan hal itu betul-betul terbukti dan tercapai di waktu yang akan datang," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI