RUMAH DINAS DPR

Dasco Tak Tahu Pimpinan DPR Tetap Dapat Rumah Dinas

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:43 WIB
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Ashar)
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029, Dasco, mengaku belum menerima informasi terkait pimpinan DPR RI akan tetap mendapatkan rumah dinas. Dasco justru telah mengembalikan rumah dinas dan fasilitasnya kepada negara setelah masa kepemimpinannya pada periode 2019-2024 selesai.

"Nah, saya sampai hari ini juga belum menerima kabar tentang rumah dinas pimpinan karena rumah dinas pimpinan dan fasilitas yang lain kami sudah serahterimakan per 30 September. Jadi 30 September kemarin rumah dinas sudah dikosongkan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2024.

Dasco menjelaskan rumah dinas pimpinan DPR RI periode 2019-2024 itu dikembalikannya sebelum pelantikan DPR RI periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024.

"Saya belum dikasih tahu justru karena saya kebetulan memang sudah mengembalikan dan sampai saat ini tinggal di rumah sendiri," ucap Dasco.

Ketua Harian Partai Gerindra itu menuturkan pembicaraan terkait tunjangan-tunjangan lainnya kemungkinan baru akan dibahas pekan depan. Mengingat rangkaian acara pelantikan anggota dan pimpinan DPR RI periode 2024-2029 baru saja dihelat pada pekan ini.

"Baru minggu depan kemungkinan kita akan membicarakan hal-hal yang lain yang harusnya dibahas," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyatakan anggota DPR RI periode 2024–2029 tidak akan lagi mendapatkan fasilitas rumah dinas. Fasilitas itu diganti dengan tunjangan rumah dinas atau rumah jabatan.

Indra mengatakan hal tersebut merupakan hasil keputusan rapat konsultasi antara pimpinan DPR RI beserta fraksi-fraksi partai politik (parpol) sebelum pelantikan anggota periode baru. Rumah dinas yang selama ini ditempati para wakil rakyat itu akan dikembalikan kepada negara.

"Kami saat ini sedang menyiapkan berbagai dokumen untuk menyampaikan kepada Kementerian Keuangan, juga bersama Kementerian Sekretariat Negara, berkaitan dengan pengembalian aset negara tersebut," kata Indra beberapa waktu lalu.

Surat Sekretariat Jenderal DPR RI Nomor B/733/RT.01/09/2024 perihal penyerahan kembali rumah jabatan anggota beredar sejak Kamis, 3 Oktober 2024. Surat yang ditandatangani pada 25 September 2024 itu memerintahkan anggota DPR yang terpilih maupun yang tidak untuk meninggalkan rumah dinasnya masing-masing.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI