Polisi Tangkap Pembacok Pelajar SMK Hingga Tewas di Mangga Besar

Laporan: Firdausi
Senin, 09 September 2024 | 19:16 WIB
Pelaku pembacok siswa SMK saat tawuran di Mangga Besar (SinPo.id/Dok.Polsek Sawah Besar)
Pelaku pembacok siswa SMK saat tawuran di Mangga Besar (SinPo.id/Dok.Polsek Sawah Besar)

SinPo.id - Polisi berhasil menangkap dua remaja saudara kembar berinisial FA (17) dan FAK (17), pelaku pembacokan pelajar SMK inisial MF hingga tewas di Mangga Besar, Jakarta Pusat. Kedua pelaku masih berstatus sebagai pelajar SMK di Kemayoran. 

"Peran keduanya adalah melakukan pembacokan ke arah korban yang menyebabkan luka fatal di bagian kepala dan badan," kata Kapolsek Sawah Besar, Kompol Dhanar Dhono Vernandhie, Senin, 9 September 2024. 

Menurut Dhanar, dari hasil pendalaman, motif tawuran diduga dipicu oleh saling tantang-menantang di media sosial. 

Meskipun aksi tawuran berlangsung singkat, namun korban sudah mengalami luka parah akibat serangan senjata tajam dari dua pelaku. 

"Motif dari kejadian ini dipicu saling menantang di media sosial, kegiatan tawuran ini tidak berlangsung lama karena langsung kami bubarkan, tapi sudah terjadi aksi saling melukai di antara kedua belah pihak," ungkapnya. 

Dari kejadian itu, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain, dua senjata tajam berupa celurit dan rekaman CCTV di lokasi kejadian. 

Kedua tersangka kini dijerat dengan Pasal 170 ayat 2 ke-3 KUHP tentang pengeroyokan yang menyebabkan kematian, serta Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang penganiayaan berat yang menyebabkan kematian, dan Pasal 338 KUHP tentang perkelahian yang mengakibatkan seseorang meninggal dunia. 

"Mengingat keduanya masih di bawah umur, kami juga akan mempertimbangkan Undang-Undang Perlindungan Anak dalam proses peradilannya," ungkapnya. 

Sebelumnya tawuran antar remaja kembali menelan korban. Tawuran tersebut terjadi di Jalan di Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Mangga Besar Selatan, Jakarta Pusat pada Minggu, 8 September 2024.  

Seorang remaja berinisial MF (16) dari kelompok Pecah Kulit mengalami luka bacok dan nyawanya tak terselamatkan saat dilarikan ke Rumah Sakit. sinpo