Pemprov DKI Uji Coba Makan Bergizi Gratis Tingkat SMP, Menunya Beef Teriyaki

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 09 September 2024 | 14:39 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi uji coba makan bergizi gratis di SMPN 3 Jakarta. (SinPo.id/dok. Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Heru Budi uji coba makan bergizi gratis di SMPN 3 Jakarta. (SinPo.id/dok. Pemprov DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono melakukan uji coba makan bergizi gratis (MBG) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Jakarta, dan SD Negeri 01 Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, hari ini, Senin, 9 September 2024. 

Menurut Heru, seluruh menu yang dihidangkan dalam uji coba makan bergizi gratis di SMPN 3 Jakarta, habis dilahap oleh anak didik.

"Semuanya berjalan dengan baik yang menu di SMP, semua habis," kata Heru.

Heru menyampaikan, ada 1.000 porsi yang disiapkan pada uji coba makan bergizi gratis di SMP Negeri 3 Jakarta, dengan biaya Rp25 ribu per porsi. Adapun uji coba ini dari dana corporate social responsibility (CSR) BUMD Perumda Dharma Jaya dan Bank DKI. 

Menu yang disajikan kepada peserta didik SD dan SMP berbeda. Di SDN Manggarai 01 menu makan bergizi gratis meliputi nasi uduk, semur telor, orek tempe, sayur labu, timun, dan pisang yang dikemas dalam boks kertas berwarna putih. Sedangkan untuk anak didik SMPN meliputi nasi, beef teriyaki, sayur, salad, dan buah pisang. 

"Kelihatannya yang di SMP (menunya) tidak masalah. Menunya ada beef teriyaki, nasi, dan sayur salad, pisang. Semuanya berjalan dengan baik dan habis," ujar Heru.

Heru juga sempat bertanya kepada siswa SMP terkait rasa hingga porsi dari makanan bergizi gratis yang tengah disantap.

"Ada yang merasa makanannya nggak enak? Rata-rata habis ya. Siapa yang merasa nasinya kurang? Ada yang kurang enggak? Kamu nasi kurang? Nasinya cukup?" kata Heru.

Di mana, rata-rata siswa menjawab porsi makanan yang didapat itu cukup. "Oke pas ya. Kalau SMP sih oke ya," kata Heru. 

Heru menuturkan, pihaknya sudah melakukan uji coba di tingkat TK, SD, dan SMP. Ke depan, Pemprov DKI akan melakukan uji coba makan siang bergizi gratis ini ke SMA.sinpo