PENDAKI GUNUNG TEWAS

Mahasiswa USU Meninggal Jatuh ke Jurang saat Daki Gunung Sibayak

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 08 September 2024 | 23:19 WIB
Proses evakuasi mahasiswa USU dari Gunung Sibayak (SinPo.id/ Humas Polri)
Proses evakuasi mahasiswa USU dari Gunung Sibayak (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id -  Seorang pendaki bernama Ronny Sahputra Sinurat (21), mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara (USU), meninggal dunia setelah terjatuh ke dalam jurang di Gunung Sibayak, Sabtu, 7 September 2024. Korban ditemukan tidak bernyawa setelah jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter di kawasan bukit kapur saat melakukan pendakian bersama temannya.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto mengatakan, pihaknya yang menerima laporan mengenai insiden tersebut langsung melakukan langkah cepat untuk evakuasi korban.

“Jadi kami menerima informasi sekitar pukul 21.45 WIB dan segera mengoordinasikan tim gabungan dari Polres Tanah Karo, Polsek Simpang Empat, UPT Tahura Bukit Barisan, Basarnas, serta BPBD Kabupaten Karo untuk melakukan proses evakuasi,” kata Eko dikutip dari laman resmi Polri, Minggu, 8 September 2024.

Eko menjelaskan, tim gabungan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 23.45 WIB dan mulai melakukan pencarian di sekitar jurang bukit kapur. Korban berhasil ditemukan oleh penjaga posko Lestari dan rekan rekan pendaki korban pada pukul 22.00 WIB, namun saat ditemukan, Ronny sudah dalam kondisi tidak bernyawa dengan luka parah di bagian kepala.

“Tim Basarnas tiba di lokasi pada pukul 03.00 WIB untuk membantu proses evakuasi, dan akhirnya korban berhasil diangkat dari jurang pada pukul 04.30 WIB. Korban kemudian langsung dibawa ke RSU Kabanjahe untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Mulanya, kata Eko, Ronny bersama tujuh orang rekannya melakukan pendakian di Gunung Sibayak pada Sabtu sore. Setelah melakukan registrasi di Pos II Posko Lestari, mereka melanjutkan perjalanan menuju puncak. Namun, saat melintasi jalur yang berada di dekat jurang bukit kapur, korban terjatuh setelah beristirahat sejenak bersama rombongannya.

Rekan  korban segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas di Posko Lestari. “Setelah menerima laporan, petugas posko bersama teman teman korban melakukan pencarian dan menemukan korban sudah tidak bernyawa di dasar jurang,” jelasnya.

“Evakuasi berjalan dengan baik dan lancar berkat koordinasi yang solid antara semua pihak terkait. Saat ini, jenazah korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani visum dan otopsi, dan akan segera diserahkan kepada pihak keluarga," kata dia.
 sinpo