Topan Super Yagi Terjang Daratan Vietnam, Empat Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 08 September 2024 | 06:30 WIB
Sumber: AP
Sumber: AP

SinPo.id -  Badai terkuat di Asia tahun ini, Topan Super Yagi, menerjang daratan Vietnam utara dan menewaskan sedikitnya empat orang, dan melukai 78 orang lainnya. Topan tersebut menghantam Vietnam setelah menerjang Pulau Hainan di Tiongkok dan Filipina.

Menurut Badan Meteorologi Vietnam, Topan Super Yagi menghantam sejumlah distrik di Vietnam utara sekitar pukul 1 siang waktu setempat, pada Sabtu 7 September 2024, dengan kecepatan angin mencapai 160 km per jam (99 mil/jam).

Kota pesisir Haiphong di Vietnam, yang merupakan pusat industri dengan populasi 2 juta orang, menjadi salah satu yang paling parah dilanda angin kencang dengan kecepatan hingga 90 km per jam.

"Anginnya cukup kencang untuk menerbangkan seseorang," kata Dang Van Phuong, seorang warga Hanoi berusia 40 tahun, dilansir dari The Guardian, Minggu 8 September 2024.

Akibat badai dahsyat tersebut, Vietnam mengevakuasi lebih dari 50.000 orang dari kota-kota pesisir dan mengerahkan 450.000 personel militer. Pemerintah juga menangguhkan operasi empat bandara termasuk Noi Bai di Hanoi, selama beberapa jam.

Diketahui, Topan Yagi telah merenggut nyawa sedikitnya dua orang di Hainan dan 16 orang di Filipina, negara pertama yang dilanda badai tersebut. Namun saat tiba di Vietnam, kekuatannya meningkat dua kali lebih dahsyat, karena didorong oleh lautan yang lebih hangat di tengah perubahan iklim.sinpo