Pilkada 2024

Survei PSG, 78 Persen Warga Jakarta Suka Ridwan Kamil

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 07 September 2024 | 16:56 WIB
Cagub Jakarta Ridwan kamil (SinPo.id/ashar)
Cagub Jakarta Ridwan kamil (SinPo.id/ashar)

SinPo.id - Hasil survei lembaga Political Strategy Group (PSG) mengungkapkan bahwa 78 persen persen warga Jakarta menyukai sosok mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bahkan, tingkat kesukaan Ridwan Kamil paling tinggi di atas Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

"Ternyata di sini tingkat suka Ridwan Kamil paling tinggi di atas Anies dan Ahok, meskipun soal pengetahuan masyarakat, Ahok dan Anies lebih tinggi daripada Ridwan Kamil," kata Kepala Peneliti PSG Ahsan Ridhoi dalam Rilis Survei Pilkada Jakarta 2024, di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 September 2024. 

Ahsan mengatakan, kesukaan masyarakat yang tinggi pada Ridwan Kamil merupakan modal penting untuk mengangkat popularitas dan elektabilitas dalam bertarung di Pilgub Jakarta.

Selain itu, lanjut Ahsan, 96 persen warga Jakarta tahu atau kenal pada Ridwan Kamil. Sementara 4 persen mengaku tidak tahu atau tak kenal Ridwan Kamil.

Selanjutnya, dirinya mengatakan hasil survei PSG mencatat sekitar 78 persen warga Jakarta menyukai Ridwan Kamil dan 10 persen tidak menyukai. Adapula sebanyak 8 persen mengaku tidak tahu dan 4 persen sisanya tidak jawab.

"Ada 80 persen, hampir 80 persen yang menyukai Ridwan Kamil," ucapnya.

Sebagai informasi, survei PSG dilakukan mulai 6 hingga 15 Agustus 2024 di seluruh kota Daerah Khusus Jakarta, dengan jumlah 1.540 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara angkat bertingkat (multistage random sampling).

Adapun margin of error kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.sinpo