Survei PSG: 73 persen Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Jokowi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 07 September 2024 | 16:27 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Hasil lembaga Political Strategy Group (PSG) merilis surveinya terkait kepuasan warga Daerah Khusus Jakarta (DKJ) terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, 73 persen warga merasa puas dengan kinerja Jokowi.

Kepala Peneliti PSG Ahsan Ridhoi menjelaskan bahwa pertanyaan tersebut diajukan lantaran status Jakarta sudah berubah saat di bawah pemerintahan Jokowi.

"Ini untuk melihat juga apakah itu akan memengaruhi kepuasan terhadap kinerja? Karena itu bagian dari kinerja untuk memindahkan ibu kota. Ternyata secara umum ya warga Jakarta masih puas," kata Ahsan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 7 September 2024.

Dia mengatakan hasil survei PSG mencatat 13 persen warga Jakarta sangat puas terhadap kinerja Jokowi. Kemudian, 60 persen merasa puas, 22 persen kurang puas dan 5 persen tidak puas dengan kinerja Jokowi.

"Jadi, ini tidak berbeda jauh dari kebanyakan survei soal kepuasan terhadap Presiden Jokowi atas kinerjanya," ujarnya.

Periode survei PSG ini mulai 6 hingga 15 Agustus 2024 di seluruh kota Daerah Khusus Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 1.540 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara angkat bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error survei ini kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.sinpo