GENERASI PENERUS BANGSA

MPR Sebut Peran Muslimah Strategis untuk Lahirkan Generasi Tangguh

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 07 September 2024 | 12:48 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) (SinPo.id/Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) (SinPo.id/Dok. MPR)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan peran kaum perempuan Muslim atau Muslimah sangat strategis untuk bisa melahirkan generasi penerus yang tangguh.

Rerie menyebut kualitas generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berdaya saing diperlukan untuk membangun sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045.

"Dalam Islam, perempuan adalah pribadi yang independen sepenuhnya. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Islam adalah agama pertama di dunia yang menawarkan sistem perlindungan, kesejahteraan untuk perempuan dan hak-haknya," kata Rerie dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 7 September 2024.

Rerie mengatakan diskursus perbedaan gender dalam kehidupan berbangsa di Indonesia, sejatinya telah tuntas sejak sendi-sendi dasar negara dan konstitusi dirumuskan oleh para pendiri bangsa.

Dengan begitu, kata dia, kaum Muslimah saat ini perlu berperan aktif dalam kehidupan berbangsa pada aktivitas kesehariannya. Terpenting, mampu merumuskan paradigma pengetahuan dan gerakan transformatif dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan aktivitas tersebut, Legislator Fraksi Partai NasDem ini berharap muncul partisipasi aktif Muslimah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial sebagai bagian dari upaya merealisasikan tujuan bernegara.

Dengan begitu, perempuan Muslim/Muslimah memiliki tanggung jawab moral mengedepankan kesalehan sosial untuk kebaikan komunal dan memainkan peran penting untuk mengedukasi 'kehidupan baru' dari keluarga sampai individu menemukan kehidupannya.

Dia mengatakan kesalehan sosial itu dapat diterjemahkan sebagai refleksi atas nilai-nilai kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.sinpo