Temui Presiden Laos, Prabowo Bahas Kerja Sama Bilateral

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 06 September 2024 | 16:51 WIB
Kunjungan Presiden RI Terpilih, Prabowo Subianto kd Laos (Sinpo.id/Tim Media)
Kunjungan Presiden RI Terpilih, Prabowo Subianto kd Laos (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone di Laos, Jumat, 6 September 2024 pagi.

Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Presiden Sisoulith berikut dengan jajar kehormatan. Kunjungan ini dilakukan setelah kunker Prabowo ke Brunei Darussalam.

“Yang Mulia, suatu kehormatan,” sapa Presiden Laos ke Prabowo untuk kemudian mempersilakan duduk.

Keduanya kemudian berbincang hangat membicarakan berbagai isu-isu strategis guna perkuat hubungan kerja sama antara Indonesia dan Laos, di antaranya perihal kerja sama pertahanan, pendidikan, dan lainnya yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Di kesempatan yang sama Prabowo juga turut mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dari Presiden Laos untuk kemenangannya di pemilihan presiden RI 2024.

"Terima kasih telah menerima dan menyambut saya. Saya juga mengapresiasi ucapan selamat Anda atas terpilihnya saya sebagai presiden Indonesia. Saya datang ke sini untuk memperkenalkan diri sebelum pelantikan saya pada 20 Oktober,” ujar Prabowo.

Prabowo juga turut menegaskan dalam pertemuan ini akan terus berkomitmen melanjutkan hubungan kerja sama yang baik dan sudah terjalin lama dengan Laos dalam berbagai aspek bidang ke depannya.

“Kami memahami bahwa Indonesia dan Republik Demokratik Rakyat Laos tidak hanya memiliki hubungan bilateral tetapi juga komitmen terhadap stabilitas dan keamanan regional dalam komunitas ASEAN,” tutur Prabowo.

Selain kolaborasi pertahanan, Prabowo menyatakan kesiapan Indonesia menyumbangkan keahlian dan sumber daya dalam upaya penanggulangan dan bantuan bencana.

“Kami juga berharap untuk terlibat dalam latihan bersama untuk meningkatkan respons kolektif kita terhadap bencana alam di kawasan kita,” katanya.sinpo