Risma Resmi Mundur, Jokowi Tunjuk Muhadjir Jadi Plt Mensos

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 06 September 2024 | 12:51 WIB
Presiden Joko Widodo. (SinPo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo. (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial.

Penunjukan itu menyusul disetujuinya pengunduran diri Tri Rismaharini dari jabatan Mensos karena maju sebagian bakal calon gubernur pada Pilgub Jawa Timur 2024.

"Presiden menunjuk Bapak Muhadjir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," kata  Ari kepada wartawan, Jumat, 6 September 2024. 

Ari menjelaskan, pemberhentian Risma dari jabatan Mensos tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 100/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019—2024, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya pada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

Keppres itu merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran Diri Risma yang telah disetujui oleh Presiden.

"Permohonan pengunduran diri Ibu Tri Rismaharini terkait dengan pencalonan dan pendaftaran yang bersangkutan sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur," kata dia. 

Sebagai informasi, Muhadjir Effendy sebelumnya sudah pernah menjabat Plt. Mensos pada 2020. Saat itu Muhadjir mengisi kursi Mensos karena Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka KPK dalam kasus dugaan penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara.sinpo