Sembilan Ribu Personil TNI-Polri Dikerahkan Amankan Misa Agung di GBK

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 05 September 2024 | 07:19 WIB
Panglima TNI dan Kapolri mengecek kesiapan penyelengaraan Misa Agung di GBK (SinPo.id/Humas Polri)
Panglima TNI dan Kapolri mengecek kesiapan penyelengaraan Misa Agung di GBK (SinPo.id/Humas Polri)

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan sembilan ribu personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk mengamankan Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta hari ini, Kamis, 5 September 2024.

Agus menjelaskan, pengamanan Misa yang akan dipimpin Paus Fransiskus tersebut bakal dibagi menjadi tiga ring.

"Ring 1 dari Paspampres, ring 2 dari TNI, ring 3 Polri. Jumlahnya 9 ribu. Terbagi di beberapa tempat yang akan didatangi oleh Paus Fransiskus," kata Agus dalam keterangannya.

Sementara itu, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menuturkan, petugas keamanan bakal melakukan pengecekan kepada seluruh Jemaat yang hadir di GBK. Mereka yang diperbolehkan masuk setelah melakukan pendaftaran serta diberikan gelang khusus.

“Dan saat masuknya tetap kita akan melaksanakan pemeriksaan, kita pastikan semua dalam kondisi betul-betul sudah aman. Baik bagi pengunjung atau pengikut Misa yang lain, dan utamanya bagi Paus Fransiskus dan tim,” tutur Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menyatakan pihaknya juga akan melakukan pengaturan rekayasa lalu lintas di sejumlah tempat terkait kegiatan Misa Agung di GBK dan Stadion Madya. 

Sigit menyebut bakal ada potensi kemacetan. Karena itu, ia meminta anggota polisi lalu lintas (polantas) dapat menyosialisasikan kebijakan ini.

“Kami sudah minta kepada jajaran lalu lintas, khususnya menginformasikan ke masyarakat tentang rute alternatif yang bisa digunakan selama proses kegiatan Misa. Dan tentunya kami berterima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat terhadap kegiatan ini. Kami berharap ini menjadi simbol toleransi Indonesia dan kita harus jaga sama-sama,” tandasnya.sinpo