Uskup Agung Jakarta: Paus Fransiskus Senang dan Puas Kunjungi Indonesia

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 04 September 2024 | 18:50 WIB
Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmojo. (SinPo.id/Antara)
Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmojo. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmojo mengatakan, Paus Fransiskus beserta rombongannya merasa sangat puas, bangga dan terkesan dengan Indonesia. Bahkan, para rombongan yang mendampingi Paus sangar kagum terhadap Indonesia. 

"Paus Fransiskus merasa sangat senang dan puas dengan kunjungannya ke negara kita. Ini baru awal, nanti setelah selesai, perasaan bangga mereka pasti akan semakin kuat," kata Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024. 

Menurut Suharyo, saat upacara resmi di Istana Negara, sambutannya sangat mengharukan dan penuh keagungan. Bahkan, Suharyo mengaku, dirinya pun ikut tergetar atas sambutan tersebut. 

"Betapa Paus Fransiskus mencintai oleh siapa pun, tadi ketika kami bersiap di depan Istana, kami mendengar karyawan Istana itu berteriak-teriak di belakang. Saya juga membayangkan, jika kepala negara lainnya disambut seperti itu, saya bayangkan formalitasnya sangat tinggi," ujarnya.

Menurut Suharyo, sambutan Paus ini berbeda dari penyambutan-penyambutan kepala negara lainnya. Karena Paus Fransiskus merupakan pimpinan Negara Vatikan, yang memiliki kekhususan lainnya. 

"Sekali lagi sambutan Paus Fransiskus berbeda dengan kepala negara lainnya. Karena fungsinya berbeda dengan kepala negara yang lain," ujarnya. sinpo