PAUS FRANSISKUS KE JAKARTA

Jokowi Kenalkan Prabowo ke Paus Fransiskus di Istana

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 04 September 2024 | 11:05 WIB
Prabowo Subianto menyalami Paus Fransiskus (SinPo.id/ YouTube Sekretariat Presiden)
Prabowo Subianto menyalami Paus Fransiskus (SinPo.id/ YouTube Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo mengenalkan Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kepada Pemimpin Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu, 4 September 2024.

Momen itu terjadi usai upacara penerimaan secara  negaraan Paus Fransiskus di halaman Istana. Kemudian, Jokowi mempersilakan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu satu persatu untuk menyalami Paus Fransiskus yang berdiri sebelah kanan Jokowi.

Prabowo, yang berdiri paling kiri di antara para menteri, terlihat mendapat kesempatan pertama untuk bersalaman langsung dengan Fransiskus.

Prabowo menghampiri Paus Fransiskus kemudian memberikan salam dengan badan membungkuk. Sempat terjadi interaksi beberapa detik, Presiden Jokowi seperti mengenalkan Prabowo pada Paus Fransiskus.

Lalu, Prabowo agak mencondongkan gestur mendengarkan apa yang disampaikan Paus, dengan tangan terkatup. Lalu mantan Danjen Kopassus itu beranjak ke barisan menteri lainnya.

Menteri-menteri lain yang ikut memperkenalkan diri ke Paus Fransiskus adalah Menlu RI Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan perwakilan Nunsiantura Apostolik Vatikan di Indonesia hadir saat upacara penyambutan Fransiskus.

Usai upacara kenegaraan, Jokowi kemudian mengantar Fransiskus untuk mengisi buku tamu dan berbincang sesaat di veranda. Setelah itu keduanya akan melakukan pertemuan bilateral.

Diketahui, Jokowi dan Fransiskus akan melanjutkan rangkaian dengan bertemu tokoh dan duta besar di ruangan utama Istana Negara.  Persamuhan akan berlangsung selama satu jam sebelum Fransiskus melanjutkan rangkaian kunjungan di Jakarta, bertemu dengan komunitas Katolik.sinpo