Ketua DPR Minta Pemerintah Sediakan Fasilitas Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 September 2024 | 06:56 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani, menilai pentingnya mengembangkan pada beberapa aspek di bidang olehraga guna meningkatkan prestasi para atlet Indonesia, khusunya bagi atlet penyandang disabilitas.

Adapun aspek yang dimaksud yakni, mulai dari pembinaan atlet secara intensif serta dukungan fasilitas latihan anggaran yang memadai.

"Perlu ada upaya yang lebih serius untuk mengembangkan olahraga (bagi para penyandang) disabilitas di Indonesia. Mulai dari pembibitan atlet, penyediaan sarana dan prasarana, hingga peningkatan kualitas kompetisi," kata Puan dalam keterangan resminya, dikutip Rabu 4 September 2024.

Apalagi atlet penyandang disabilitas Indonesia belum lama ini berhasil meraih medali emas pertama dalam perhelatan Paralimpiade Paris 2024. Prestasi itu diraih oleh pasangan Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila di cabang olahraga (cabor) para bulutangkis.

Oleh karena itu, Puan menegaskan bahwa DPR RI bersama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia akan terus memberi dukungan penuh bagi seluruh atlet Indonesia yang berjuang mengharumkan nama bangsa.

Kamudian, ia juga mengapresiasi kenaikan signifikan perolehan tiket Indonesia untuk tampil di Paralimpiade 2024, setelah adanya penambahan 12 atlet untuk bisa berlaga di Paralimpiade dibanding 4 tahun lalu yang hanya berjumlah 23 atlet.

"Kami di Indonesia akan mendukung penuh dan terus memberi semangat kepada para atlet. Terus semangat dan junjung sportivitas, raih prestasi terbaik kalian," ungkapnya.

 sinpo