Rudal Rusia Tewaskan 41 Orang di Poltava

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 04 September 2024 | 02:05 WIB
rudal
rudal

SinPo.id -  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan rudal Rusia menyerang dan menewaskan paling sedikit 41 orang dan mencederai 180 lainnya di kawasan Poltava, Selasa 3 September 2024.

Di Telegram Zelenskyy mengatakan dua rudal balistik menyerang daerah itu, termasuk sebuah lembaga pendidikan dan rumah sakit.

Pejabat di kawasan Zaporizhzhia mengatakan serangan Rusia terhadap sebuah hotel menewaskan dua orang dan mencederai dua lainnya.

Pasukan Rusia menyerang daerah di Ukraina tengah dan timur dengan empat rudal dan 35 drone, sementara pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 27 dari 35 drone itu, demikian kata militer Ukraina Selasa.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan pertahanan udaranya menembak jatuh drone di atas Chrnichiv, Kharkiv, Kherson, Kyiv, Mykolaiv, Odesa, Poltava dan Sumy.

Gubernur Chernihiv, Viacheslav Chaus di Telegram mengatakan bahwa keping-keping yang jatuh merusakkan beberapa bangunan di luar kota Chernihiv dan mencederai dua orang.

Oleh Syniehubov, gubernur Kharkiv, di Telegram mengatakan serangan udara Rusia merusak sebuah rumah dan sebuah fasilitas transportasi.

Perusahaan kereta negara Ukraina melaporkan sebuah drone Rusia menyerang sebuah lokomotif di Sumy.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menembak jatuh tiga drone Ukraina di atas kawasan Bryansk, Kursk dan Kaluga.

Gubernur Kaluga, Vladislav Shapsha di Telegram melaporkan drone berhasil ditembak jatuh di kawasannya, tetapi dia tidak menyebut tentang kerusakan atau jatuhnya korban. [jm/ab]sinpo