PB HMI Sambut Baik Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 03 September 2024 | 18:53 WIB
Paus Fransiskus tiba di Indonesia (SinPo.id/Kemenag)
Paus Fransiskus tiba di Indonesia (SinPo.id/Kemenag)

SinPo.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menyambut baik ihwal kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus ke Indonesia. 

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI Bagas Kurniawan menyebut kunjungan Paus Fransiskus merupakan kesempatan untuk menunjukkan semangat toleransi yang dijunjung tinggi masyarakat Indonesia. 

"Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman, dan kita mampu hidup berdampingan dalam harmoni," kata Bagas dalam keterangannya, Selasa, 3 September 2024.

Menurut dia, toleransi beragama merupakan salah satu fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia.

"Mari kita jaga dan kembangkan sikap saling menghormati dan memahami antar sesama, demi terciptanya kedamaian dan kesejahteraan bersama," tuturnya. 

Lebih lanjut, Bagas pun mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus dengan rasa syukur dan menjadikan keteladanannya itu sebagai inspirasi, terutama bagi generasi muda Indonesia.

"Sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga semangat toleransi dan kerukunan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk," tutur Bagas. 

"HMI berkomitmen menjadi garda terdepan mempromosikan nilai-nilai toleransi dan saling menghormati di antara semua elemen masyarakat," sambungnya. 

Dia menambahkan, ihwal selebaran poster yang mengatasnamakan HMI dan berisi ajakan berdemonstrasi untuk memprotes kunjungan Paus Fransiskus merupakan berita bohong (hoax).sinpo