Polisi Bakal Bagi Waktu Pulang Jemaat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Laporan: Firdausi
Selasa, 03 September 2024 | 18:26 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol M. Latif Usman (SinPo.id/Humas Polda Metro Jaya)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol M. Latif Usman (SinPo.id/Humas Polda Metro Jaya)

SinPo.id - Polda Metro menyiapkan pembagian waktu pulang jemaat yang hadir di Misa Akbar Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan parah dan penumpukkan kendaraan saat acara tersebut selesai. 

"Kita atur dan menyiapkan pembagian waktu pulang jemaat," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes M Latif Usman, Selasa, 3 September 2024. 

Pengaturan waktu pulang para jemaat menggunakan beberapa shift. Di mana shift pertama akan lebih awal dipulangkan, kemudian shift selanjutnya. Pengaturan ini diharapkan bisa membantu kelancaran kepulangan para jemaat dari GBK. 

"Nanti untuk kepulangannya ini adalah kita menggunakan shift," ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya jemaat yang pulang terlebih dahulu yakni yang berada di area parkir terdekat GBK.

Selanjutnya, para jemaat bakal diarahkan untuk didrop dari pintu 1 SUGBK dan keluar melalui Semanggi. Sementara rombongan jemaat yang parkir di Kemayoran bakal dijemput dari Hotel Sultan. 

"Yang paling dekat dulu, Aldiron, dan Smesco," ungkapnya. 

Sebelumnya, Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Tjahyono Saputro mengungkapkan, setidaknya ada 1.400 bus yang akan digunakan para jemaat untuk menghadiri Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024. 

Dari ribuan bus itu, diperkirakan jemaah yang akan hadir kurang lebih 90 ribu jemaat. 

"Dari data yang kami dapat ada 1.400 bus yang digunakan para jemaat ke GBK mulai pukul 10.00 WIB. Kami juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir agar tidak menggangu pengguna jalan lainnya," kata Tjahyono, Senin, 2 September 2024.  sinpo