LUMBUNG PANGAN KALTENG

Garap Lumbung Pangan Kalteng, Amran: 1-2 Minggu ke Depan Sudah Mulai Bekerja

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 30 Agustus 2024 | 15:59 WIB
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/ Dok. Kementan)
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/ Dok. Kementan)

SinPo.id - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, ia akan gerak cepat menggarap lumbung pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng), yang dimulai dengan penanaman padi seluas 500.000 hektar (ha).

Hal itu ia ungkapkan saat melakukan peninjauan area sawah dan food estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Rabu (28/8).

"Hari ini adalah tonggak sejarah, milestone, mulai hari ini kita akan mengembangkan padi di Kalteng. Ini kita rancang minimal 500 ribu hektar. Syukur-syukur bisa 1 juta hektar," ujarnya.

Ia menegaskan, alasan dirinya harus gerak cepat karena urusan pangan sangatlah krusial dan mendesak, juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo maupun presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Anggarannya kita siapkan insyaAllah mudah-mudahan satu sampai minggu kedepan sudah bisa mulai bekerja. Kita ini bergerak cepat atas arahan bapak presiden dan juga presiden terpilih. Bergerak cepat karena darurat pangan, ini sangat krusial," imbuhnya.

"Hari bersejarah yang sudah lama rencanakan, diimpikan sejak merdeka. Kita mimpikan ada lumbung pangan di Indonesia. mudah-mudahan 2-3 tahun ke depan ini menjadi kenyataan," tambahnya.

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pihak untuk terlibat demi menjamin kelancaran pelaksanaan dari hulu hingga ke hilir. Ia juga menggandeng para petani muda di Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita)  hingga pihak swasta seperti pengusaha lokal untuk turut berpartisipasi.

"Ini kita gandengan tangan untuk masyarakat. Semua terlibat, kenapa? ini lebih baik kita jamin di hulu daripada di hilir,” tegasnya.

“Tidak ada yang bisa berbuat banyak kalau perut sudah berbicara. Tidak ada satupun di dunia yang bisa mengamankan," lanjutnya.sinpo