Boccia Indonesia Sapu Bersih Kemenangan di Paralimpiade 2024 Paris

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 30 Agustus 2024 | 03:26 WIB
Tim Boccia Indonesia sukses sapu bersih pada pertandingan pertama di Paralimpiade 2024 Paris (SinPo.id/Kemenpora)
Tim Boccia Indonesia sukses sapu bersih pada pertandingan pertama di Paralimpiade 2024 Paris (SinPo.id/Kemenpora)

SinPo.id - Tim Boccia Indonesia sukses sapu bersih pada pertandingan pertama di Paralimpiade 2024 Paris. Muhammad Bintang Satria Herlangga membuat kejutan dengan menekuk jagoan Malaysia, Lee Chee Hong.

Cabang olahraga Boccia terpusat di South Paris Arena 1. Ada tiga wakil Indonesia yang bermain pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Muhammad Afrizal Syafa membuat kontingen Indonesia tersenyum dengan kemenangan atas wakil Slovakia, Tomas Kral 5-3. Kemenangan ini menjadi modal untuk bertarung pada nomor tunggal BC 1 putra grup B.

Kemenangan Afrizal dilanjutkan Felix Ardi Yudha yang bertarung pada nomor individu BC 2 putra. Yudha tanpa kesulitan mengatasi perlawanan wakil China, Yan Zhiqiang 5-2.

Keberhasilan Afrizal dan Yudha ditutup performa menawan Bintang Satria yang turun pada nomor individu BC 2 putra. Ia membuat kejutan dengan melibas bintang boccia Malaysia, Lee Chee Hong, dengan skor telak 11-2.

Catatan sempurna boccia Indonesia membuat pelatih kepala Islahuzzaman Nur Yadin bisa tenang. Biasanya, atlet-atlet Indonesia sering nervous pada pertandingan pertama.

"Saat try out kemarin pun skornya selalu tipis-tipis di pertandingan pertama. Ketika kita sudah bisa tampil lepas pada pertandingan pertama, untuk berikutnya pasti sudah yakin dengan posisi dan kemampuannya," kata Islahuzzaman usai pertandingan.

Islah, sapaan akrabnya, menilai kemenangan Yudha dan Afrizal sudah terprediksi sejak awal. Namun, kemenangan telak Bintang atas wakil Malaysia merupakan kejutan besar.

"Kalau melihat rekor pertemuan, Chee Hong sepertinya sedang tidak fokus, jadi bintang bisa memanfaatkan ketidakfokusan Chee Hong. Di kategori BC 2 itu, ketika kalah bola ya selesai. Berbeda dengan BC 1 yang masih bisa dikejar," jelas Islah.

Mentalitas menjadi faktor penting ketika partai pertama di Paralimpiade 2024 bisa dilalui dengan mulus. Tim pelatih pun memiliki pesan khusus yang wajib dijalankan para atlet.

"Satu pesan kami kepada anak-anak, jangan lupa berdoa. Sebelum berangkat saya suruh telepon orang tua terlebih dahulu, mohon doa restu. Mungkin dengan doa itu, mereka menjadi tenang," papar Islah.

Gischa Zayana menjadi wakil Indonesia yang baru bertanding pada Jumat, 30 Agustus 2024. Gischa yang turun pada nomor individu BC 2 putri akan bertemu wakil Hungaria, Vivien Nagy, pada pukul 16.40 WIB.

Sementara Bintang akan melakoni pertandingan kedua grup E dengan menghadapi wakil China Lan Zhijian, serta Felix Ardi Yudha akan melakoni partai kedua grup D dengan menghadapi wakil Kanada, Danik Allard. sinpo