Golkar Pastikan KIM Tetap Kompak Usai Usung Airin-Ade di Pilgub Banten

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 27 Agustus 2024 | 16:25 WIB
Cagub Banten Airin Rachmi Diany (SinPo.id)
Cagub Banten Airin Rachmi Diany (SinPo.id)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia memastikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap kompak setelah partainya mengikuti jejak PDI Perjuangan (PDIP) mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi jadi bakal calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur Banten (cawagub).

"Tadi malam saya sebagai ketua umum partai berkewajiban mengkomunikasikan ke semuanya (KIM). Semua dalam kerangka kebersamaan," kata Bahlil di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 27 Agustus 2024.

Menurut dia, bergabungnya Golkar dan PDI Perjuangan dalam mengusung Airin-Ade merupakan bagian dari dinamika politik. Dinamika politik itu, kata Bahlil, kerap terjadi dalam kontestasi pemilu demi mencapai kesamaan dalam memajukan bangsa.

Bahlil sendiri memastikan langkah politik yang diambil untuk menggandeng PDI Perjuangan di Banten telah melalui pertimbangan yang matang dan tidak akan mengganggu keharmonisan internal KIM. Karenanya, dia yakin KIM tidak akan terpecah hanya karena ada duet Airin dan Ade di Banten.

Pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi secara resmi telah diusung Partai Golkar untuk maju memperebutkan kursi gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Banten.

Pengusungan pasangan Airin-Ade resmi diumumkan Bahlil dengan memberikan surat rekomendasi B1-KWK kepada Airin-Ade. Sehari sebelumnya Airin-Ade secara resmi telah diusung PDI Perjuangan, yang notabene partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM), untuk maju pada Pilkada Banten.sinpo