Jurnalis Inggris Tewas Usai Rudal Rusia Hantam Sebuah Hotel di Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 Agustus 2024 | 10:49 WIB
Bekas serangan rudal Rusia (SinPo.id/AP)
Bekas serangan rudal Rusia (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Seorang jurnalis asal Inggris bernama Ryan Evans (38), yang sedang bekerja dengan tim wartawan lainnya dilaporkan tewas setelah rudal Rusia menghantam Hotel Sapphire, di kota Kramatorsk, Ukraina.

Sedangkan dua anggota kru kantor berita Reuters lainnya saat ini sedang dirawat di rumah sakit karena luka-luka.

"Hotel itu terkena rudal balistik Iskander-M Rusia, yang menyebabkan para wartawan mengalami luka akibat ledakan, gegar otak, dan luka di tubuh," kata pejabat setempat, dilansir dari AP, Senin, 26 Agustus 2024.

Menurut Gubernur daerah Donetsk Vadym Filashkin, hotel tersebut hanya bersisa puing-puing yang pasca serangan langsung dibersihkan. Bahkan sebuah gedung bertingkat di dekatnya juga hancur.

Selain itu, wilayah Kharkiv timur Ukraina juga menjadi sasaran tembakan Rusia, yang mengakibatkan banyak warga sipil terluka. Termasuk seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dan seorang anak perempuan berusia 14 tahun.

Sementara di Rusia, lima orang tewas dalam penembakan Ukraina di wilayah perbatasan Belgorod. Dua belas orang lainnya terluka di desa Rakitone, Rusia, 38 kilometer (23 mil) dari perbatasan Ukraina, termasuk seorang gadis berusia 16 tahun yang dilaporkan dalam kondisi kritis.sinpo