DPR Minta Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 Agustus 2024 | 09:52 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono, mengimbau Kementerian Pertanian (Kementan) untuk lebih fokus meningkatkan produksi pangan, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan menghadapi krisis pangan.

Terlebih berdasarkan informasi yang diterima, kelompok tani saat ini mengeluhkan aliran irigasi jika terjadi musim kering, dan Kementan harus menawarkan solusi terkait hal tersebut.

"Untuk (kebutuhan) air, saat ini memang musim kemarau jadi ada keinginan petani bagaimana (agar) sumber air bisa didapatkan. Kalau tidak dari sungai, dari saluran irigasi maka sumur bor dapat digunakan dan menjadi solusi," kata Ono dalam keterangan persnya, dikutip Senin 26 Agustus 2024.

Selain persoalan air, ia juga menyoroti permasalahan terkait dengan pupuk. Pihaknya terus memantau agar pupuk dapat sesuai dengan peruntukannya, tepat jumlahnya, serta sesuai dengan kebutuhan petani.

Terakhir Ono berpesan kepada mitra kerja Komisi IV DPR RI untuk terus menumbuhkan semangat terhadap mereka yang berprofesi menghasilkan pangan untuk rakyat Indonesia. 

"Peran pemerintah paling tidak memberikan semangat kepada para petani di Indonesia itu menjadi keniscayaan. Salah satunya dengan insentif fasilitas, bantuan pendampingan dan penyuluhan,” tutupnya. sinpo