Mentan Amran: Indonesia Punya Potensi Ekspor Pertanian Rp500 Triliun

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 22 Agustus 2024 | 20:38 WIB
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Kementan)
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Kementan)

SinPo.id -  Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi kekuatan ekspor dari pertanian hingga Rp500 triliun.

"Kita negara agraris. Bayangkan kita punya kekuatan ekspor Rp 500 triliun dari pertanian," ujarnya saat menghadiri acara 'Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga', di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, kekuatan itu dikarenakan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Demi memaksimalkan bonus tersebut, aspek pertanian menjadi fokus utama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan akan dilanjutkan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kita akan bangun lumbung pangan di Merauke, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Aceh, Kalimantan Barat. Kita akan kembalikan kejayaan pertanian Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa mimpi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia dapat terwujud dalam kurun waktu tiga tahun jika seluruh pihak terkait bekerja keras demi rakyat.

"Mimpi kita ke depan Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia. Kita rancang tuga tahun paling lambat Indonesia sudah swasembada kembali, kita akan rebut kembali," ujarnya.sinpo