KUNJUNGAN KE PULAU SEBATIK

Bawaslu Beberkan Tujuan Kunjungi Pulau Sebatik pada Hari Kemerdekaan

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 16 Agustus 2024 | 17:26 WIB
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty membeberkan tujuan lembaganya mengunjungi Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), yang merupakan pulau terluar di Indonesia. 

Tujuan pertama, kata Lolly, Bawaslu RI memiliki kewajiban untuk mengecek kesiapan jajarannya di Sebatik dalam menghadapi kontestasi Pilkada Serentak 2024.

"Yang pertama tentu kami berkewajiban melakukan pengecekan terhadap kesiapsiagaan seluruh jajaran pengawas pemilu yang ada di kaltara mulai dr tingkat provinsi, kabupaten/kota sampai kecamatannya," kata Lolly kepada wartawan di Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kaltara, Jumat, 16 Agustus 2024.

Menurut dia, Bawaslu RI bakal memastikan jajarannya di Sebatik tidak memiliki kendala dan mampu menghadapi situasi apa pun di Pilkada 2024 mendatang. 

"Nah ini diperlukan untuk memastikan pengawasan seluruh tahapan pilkada untuk tidak mengalami kendala dan tidak ada kegagapan hadapi situasi yang diluar kendali," ungkap dia. 

Sedangkan tujuan yang kedua, Lolly menegaskan bahwa wilayah Sebatik mempunyai hak yang sama dengan wilayah seluruh Indonesia, meski letaknya di pulau terluar. 

"Yang kedua, tujuannya adalah untuk sama-sama membangun spirit bahwa nanti itu ke sebatik ya, apa spiritnya adalah daerah terluar Indonesia, daerah perbatasan itu mempunyai hak yang sama atas seluruh akses informasi," ucap Lolly. 

"Sehingga memastikan data pemilih untuk teman-teman diujung indonesia ini misalnya tidak juga terbengkalai," sambung dia. 

Lebih jauh, dia mengungkapkan, hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, menjadi momentum untuk memastikan hak pilih masyarakat Sebatik terpenuhi. 

"17 Agustus menjadi momentum yang tepat menurut kami untuk melakukan pengecekan langsung di daerah perbatasan untuk memastikan hak pilih warga megara kita tidak ada yang dihilangkan," tandasnya.sinpo

Komentar: