Survei ISC: Tingkat Kesukaan Mayang Sari Tertinggi di Pilkada Mahakam Ulu

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 15 Agustus 2024 | 15:45 WIB
Direktur Riset dan Peneliti Senior Indonesia Survey Center, Chairul A Pane. Istimewa.
Direktur Riset dan Peneliti Senior Indonesia Survey Center, Chairul A Pane. Istimewa.

SinPo.id - Indonesia Survey Center melakukan survei terhadap peta elektabilitas calon Bupati Mahakam Ulu menjelang Pilkada serentak 2024 yang akan berlangsung 27 November 2024.

Salah satu poin yang direkam oleh Indonesia Survey Center adalah bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Mahulu sepanjang kepemimpinan periode sebelumnya.

Direktur Riset dan Peneliti Senior Indonesia Survey Center, Chairul A Pane, mengatakan masyarakat Mahakam Ulu ternyata merasa puas dengan kinerja pemerintahan Bupati Bonifasius Belawan Geh.

"Approval rating dan tingkat legitimasi publik terhadap pemerintahan Bupati Bonifasius Belawan Geh tinggi. Hasil survei ini menunjukkan bahwa selama pemerintahan Bupati Bonifasius Belawan Geh di Mahakam Ulu, pembangunan sangat dirasakan oleh publik," kata Chairul dalam rilis surveinya, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2024.

Dari data yang disajikan oleh Chairul, dapat dilihat bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Bupati Boni sebesar 72,2 persen dengan rincian 21,5 persen puas dan 50,7 persen cukup puas. 

Kemudian, tingkat kepercayaan mereka terhadap pemerintahan saat ini total 70,9 persen dengan rincian 25,8 persen percaya dan 45,1 persen merasa cukup percaya terhadap kinerja yang dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu di bawah kepemimpinan Bupati Boni.

Lantas aspek apa saja yang membuat masyarakat puas dan percaya dengan pemerintahan Bupati Boni. Indonesia Survey Center pun membuat 10 (sepuluh) bidang yang disodorkan kepada publik.

Hasilnya adalah untuk pelayanan kesehatan puas 7,8 persen dan cukup puas 54,1 persen. Kemudian infrastruktur jalan dan jembatan puas 8,3 persen dan cukup puas 58,4 persen.

Lalu, ada transportasi umum pun yang menjawab puas 15,7 persen dan yang cukup puas 51,7 persen. Kemudian, ada harga sembako, yang merasa puas sebanyak 21,5 persen dan yang cukup puas 43,7 persen. Lantas untuk bidang telekomunikasi, yang merasa puas 13,2 persen dan yang merasa cukup puas 42,9 persen.

Aspek lain yang dipertanyakan kepada responden adalah ketersediaan air bersih. Masyarakat yang merasa puas sebanyak 9,1 persen dan yang cukup puas 52,8 persen.

Soal penerangan dan aliran listrik juag cukup tinggi, yakni yang merasa puas 8,8 persen dan cukup puas 49 persen. Kemudian, ada sarana pendidikan, masyarakat yang merasa puas 7,7 persen dan cukup puas 45,9 persen.

Soal pelayanan administrasi kependudukan, yang merasa puas 10,1 persen dan cukup puas 54,5 persen. Terakhir, peningkatan kesejahteraan rakyat, hasilnya yang merasa puas 9,1 persen dan yang merasa cukup puas 47,9 persen.

Peluang Pilkada 2024

Survei Indonesia Survey Center telah melihat bahwa ada 3 sosok yang berpotensi maju dalam Pilkada Mahakam Ulu 2024. Mereka adalah Owena Mayang Shari Belawan, Novita Bulan, dan Yohanes Avun.

Dari tiga mana tersebut, Chairul Pane melakukan simulasi head to head untuk mengukur peluang keterpilihan sosok calon Bupati Mahakam Ulu jika Pilkada dilakukan hari ini. Berikut adalah simulasinya;

1. Owena Mayang vs Yohanes Avun (43,9 persen vs 22,7 persen. Undecided voters 35,2 persen

2. Owena Mayang vs Novita Bulan (41,8 persen vs 24,7 persenZ Undecided voters 33,5 persen

3. Novita Bulan vs Yohanes Avun (23,7 persen vs 29,3 persen. Undecided voters 47 persen

Setelah melakukan simulasi head to head, Indonesia Survey Center juga melakukan simulasi terhadap pasangan. Dari ketiga pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yang maju dalam Pilkada 2024, siapa sosok yang paling berpotensi dipilih rakyat Mahakam Ulu.

1. Novita Bulan - Artya Fathra Martin: 18,7 persen

2. Owena Matang - Stanislaus Liah: 19,5 persen

3. Yohanes Avun - Yohanes Juan Jenau: 19,5 persen

4. Undecided voters: 21,6 persen

Agar lebih konkret, Indonesia Survey Center juga melakukan simulasi lanjutan untuk head to head pasangan calon. Berikut adalah simulasinya;

1. Novita-Artya vs Owena-Stanislaus: 28,4 persen vs 47,5 persen. Undecided voters 24,1 persen

2. Owena-Stanislaus vs Yohanes Avun-Yohanes Juan: 48,1 persen vs 29,7 persen. Undecided voters 22,2 persen.

3. Novita-Artya vs Yohanes Avun-Yohanes Juan: 24,5 persen vs 27,3 persen. Undecided voters 48,2 persen.

"Pada saat survei diselenggarakan menemukan bahwa baik simulsasi 3 calon atau 2 calon (head to head), Owena Mayang Shari Belawan maupun simulasi berpasangan dengan Stanislaus Liah dalam baik 3 pasangan atau 2 pasangan selalu keluar sebagai pemenang," kata Chairul.

Dalam kesempatan ini, Chairul berkesimpulan bahwa peluang Owena Mayang untuk menjadi Bupati Mahakam Ulu sangat tinggi. Sebab, ada data yang juga dikemukakan di dalam surveinya, bahwa 57,9 persen responden mengaku sudah yakin dengan pilihan politiknya itu untuk Pilkada 2024. Sementara yang masih berstatus swing voters sebanyak 42,1 persen.

Dalam survei ini, Lembaga Indonesia Survey Center melibatkan 400 responden sebagai sample. Para responden adalah para penduduk di Kabupaten Mahakam Ulu yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau mereka yang telah memiliki KTP.

Teknik yang digunakan adalah multistage random sampling dengan cara direct interview yang menggunakan bantuan kuesioner. Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 3-12 Agustus 2024 dengan margin of error (MoE) +/- 4,9 persen dan tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen.sinpo

Komentar: