Gerindra Umumkan Pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk Pilkada Jakarta pada 19 Agustus

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:58 WIB
Ketua Harian DPP Gerindra Dasco (SinPo.id/Ashar)
Ketua Harian DPP Gerindra Dasco (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkapkan partainya segera mengumumkan Ridwan Kamil (RK)-Suswono sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024.

Sejauh ini, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan.

Dasco mengamini pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menyebut pasangan Ridwan Kamil adalah Suswono. Dia menegaskan Gerindra baru akan secara resmi mengumumkan pasangan itu pada 19 Agustus.

"Ya itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong," kata Dasco.

Sebelumnya, Zulhas mengungkap sosok berinisial S yang diusulkan sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta 2024 adalah mantan Menteri Pertanian RI sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PKS Suswono.

Dia menjelaskan Suswono merupakan rekan satu kabinetnya saat ia menjabat sebagai Menteri Kehutanan RI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Untuk itu, Zulhas menepis bahwa sosok inisial S merupakan inisial dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).sinpo

Komentar: