Prabowo Ingin Pembangunan IKN Dikebut, Jokowi: Ya Terserah Beliau

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 14 Agustus 2024 | 16:39 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi bercerita, Prabowo ingin mempercepat pembangunan IKN menjadi 4 hingga 6 tahun saja.

Jokowi pun menegaskan, pembangunan IKN butuh 10 sampai 20 tahun untuk pembangunan IKN. Akan tetapi, ia mengungkap Prabowo ingin agar IKN dibangun lebih cepat.

"Nah saya sampaikan pembangunan IKN Nusantara itu mungkin bisa 10, 15, 20 tahun. Tapi, beliau sampaikan 'wah kalau saya kurang cepat itu, 4, 5, 6 tahun.' Ya terserah beliau," ujar Jokowi dalam keterangannya, dikutip YouTube Setpres, Rabu, 14 Agustus 2024.

Dalam pernyataannya saat Sidang Kabinet pertama di IKN beberapa waktu lalu, Prabowo mengungkapkan akan mempercepat pembangunan IKN. Prabowo pun akan memfokuskan pembangunan kompleks legislatif, kantor Mahkamah Agung, dan kantor Mahkamah Agung di IKN.

Menanggapi itu, Jokowi menyebut semua terserah Prabowo yang nantinya akan menggantikannya sebagai presiden. "Ya itu terserah Presiden Prabowo, setelah 20 Oktober," katanya.

Sebelumnya, Prabowo menegaskan proyek ibu kota yang dimulai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak akan berhenti. Menurutnya, Jokowi sudah mengambil langkah penting bersejarah dan dirinya akan melanjutkan.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan, kalau bisa menyelesaikan ya. Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah, beliau yang inisiasi," beber Prabowo, Senin, 12 Aguatus 2024.sinpo

Komentar: