PAN Tawarkan Kaesang Maju Pilgub Jateng

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 14 Agustus 2024 | 14:33 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PSI Kaesang Pangarep. (SinPo.id)
Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PSI Kaesang Pangarep. (SinPo.id)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas, menawarkan kepada Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk maju pada pemilihan gubernur  Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. 

Tawaran itu disampaikan Zulhas kepada Kaesang usai pertemuan tertutup mereka di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Agustus 2024. 

"Saya bilang tadi, barusan, 'Mas Kaesang, kalau tidak di Jakarta, bagaimana kalau di Jawa Tengah?' Kita (PAN) yang minta. Mas Kaesang ketawa-ketawa saja tuh," kata Zulhas. 

Menurut Zulhas, tawaran ini sebenarnya sudah sejak lama disampaikan. Sebelum ditawarkan  Pilgub Jateng, lanjut Zulhas, PAN juga meminta Kaesang berkompetisi pada Pilkada Jakarta mendampingi anaknya, Zita Anjani. 

"Ada (pembahasan politik) sedikit. Karena dulu saya usulkan Mbak Zita dan Mas Kaesang di Jakarta. Saya bilang anak muda perlu tampil,  zamannya. Saatnya anak muda tampil. Itu sekitar satu tahun yang lalu. Bukan baru. Dulu saya yang minta," ucapnya.

Namun, saat ini untuk Pilkada Jakarta, kata dia, sikap PAN sesuai dengan kesepakatan Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu mengusung Ridwan Kamil.

Terkait siapa yang akan mendampingi Ridwan Kamil dalam pencalonan tersebut, PAN belum dapat memastikan.

"Kita sudah sepakat, KIM. KIM plus belum bicara, tapi kalau KIM sudah sepakat RK. Wakilnya itu tadi, memang belum dibicarakan lengkap. Kalau RK nya sudah," kata Zulhas.

Adapun peluang Kaesang mendampingi Ridwan Kamil, menurut Zulhas, mungkin saja terjadi. 

"Ya (bisa saja terjadi duet RK-Kaesang). Politik kadang-kadang (memungkinkan)," tukasnya.sinpo

Komentar: