Jelang Peringatan HUT RI Ke-79, PGN Pastikan Gas Bumi Mengalir ke IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 14 Agustus 2024 | 11:19 WIB
Ilustrasi. (SinPo.id/Dok. PGN)
Ilustrasi. (SinPo.id/Dok. PGN)

SinPo.id - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memastikan gas bumi telah mengalir dan siap digunakan saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Guna menunjang penyaluran gas bumi di IKN, PGN juga membangun pipa gas bumi sepanjang 61,1 Km di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dengan pasokan gas didatangkan dari Balikpapan, Kalimantan Timur melalui intermoda transportasi gas bumi.

“Saat ini PGN berupaya optimal agar layanan gas bumi bisa beroperasi dengan aman guna mendukung kesiapan infrastruktur untuk peringatan HUT RI di IKN," kata Sekretaris Perusahaan PGN Fajriyah Usman, dalam keterangan persnya, dikutip Rabu 14 Agustus 2024.

Ia juga mengatakan, penyediaan gas bumi di IKN tersebut merupakan bentuk komitmen PGN sebagai pelaksana penugasan Pertamina dari pemerintah dalam menyediakan infrastruktur gas bumi.

Selain itu, juga sebagai wujud dukungan PGN terhadap rencana pemerintah untuk membangun kawasan industri hijau di IKN. Karena dengan tingkat emisi yang lebih rendah dibandingkan energi fosil lainnya, gas bumi dapat menjadi pilihan utama sebagai energi bersih.

“Pada masa transisi energi, gas bumi dipercaya sebagai energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan, karena emisi CO2 yang dihasilkan dari penggunaan gas bumi lebih rendah dibandingkan dengan energi fosil lainnya, dan gas bumi berasal dari dalam negeri, sehingga menghemat devisa negara untuk kebutuhan impor energi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Fajriyah, PGN terus mengupayakan agar pembangunan infrastruktur gas bumi di IKN dapat berjalan sesuai dengan target. Terutama untuk memenuhi kebutuhan pelanggan rumah tangga yang diproyeksikan sebanyak 9.996 Sambungan Rumah (SR).sinpo

Komentar: