SIDANG TAHUNAN MPR

Prabowo-Gibran Diundang pada Sidang Tahunan MPR

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 12 Agustus 2024 | 17:28 WIB
Prabowo-Gibran (SinPo.id/Ashar)
Prabowo-Gibran (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan turut diundang pada pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 pada 16 Agustus.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan pihaknya sejauh ini masih akan mengkonfirmasi terlebih dahulu untuk memastikan Prabowo-Gibran hadir pada perhelatan tahunan tersebut.

"Capres dan cawapres terpilih juga prinsipnya kami undang, tapi kami masih harus mengkonfirmasi kembali kehadiran mereka ya," kata Indra di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 12 Agustus 2024.

Dia menyebut kehadiran Prabowo-Gibran pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2024 sebagai tamu kehormatan.

"Ya, prinsipnya tentu capres-cawapres itu adalah tamu-tamu kehormatan selain presiden dan wakil presiden yang ada saat ini," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pimpinan MPR menyepakati pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2024 digelar seperti biasanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengatakan Sidang Tahunan MPR RI yang rutin diselenggarakan menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI berisi tentang laporan pimpinan lembaga-lembaga negara yang bersifat konstitusional.

Laporan terkait capaian kinerja eksekutif itu akan diwakili Presiden Jokowi selaku Kepala Negara kepada jajaran legislatif untuk disampaikan MPR RI.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan format Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 diselenggarakan bersamaan dengan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 pada 16 Agustus sebagaimana dilakukan pada tahun sebelumnya.sinpo

Komentar: