Prabowo Komitmen Lanjutkan Pembangunan IKN

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 12 Agustus 2024 | 09:27 WIB
Prabowo bersama Jokowi di IKN (SinPo.id/Youtube setpres)
Prabowo bersama Jokowi di IKN (SinPo.id/Youtube setpres)

SinPo.id - Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya bakal melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Prabowo memastikan proyek perpindahan ibu kota yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak akan berhenti. 

"Ya memang pembangunan ini (IKN) berjalan dan harus terus kalau bisa kita percepat ya kalau bisa, tapi tentunya pakar-pakar ya harus semua dikerahkan. Kalau saya optimis, saya lihat, saya kira bagus sekali," kata Prabowo sebelum sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN, Senin, 12 Agustus 2024. 

Hal tersebut diungkapkan Prabowo di depan Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya. Prabowo berkomitmen melanjutkan dan menyelesaikannya keputusan sejarah yang telah diambil Jokowi dalam pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," ujarnya.

Namun begitu, Prabowo menyadari pembangunan IKN tak dapat selesai dalam waktu cepat. Hanya saja, ia meyakini fungsi IKN sebagai ibu kota negara dapat berjalan dalam beberapa tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat. Tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun, fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," jelasnya.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," tambahnya.sinpo

Komentar: