Israel Perluas Perintah Evakuasi di Khan Younis Kepada Puluhan Ribu Penduduk Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 12 Agustus 2024 | 07:15 WIB
Gaza
Gaza

SinPo.id -  Israel memperluas perintah evakuasi di Khan Younis di Jalur Gaza selatan semalam, memaksa puluhan ribu penduduk Palestina pergi mengungsi dalam kegelapan, dan diiringi ledakan dari tembakan tank pasukan Israel.

Instruksi evakuasi yang mencakup distrik-distrik di bagian tengah, timur, dan barat Khan Younis tersebut, menjadi salah satu perintah evakuasi terbesar dalam konflik yang telah berlangsung selama 10 bulan.

Adapun pengumuman perintah evakuasi, diunggah di X dan dalam pesan teks, serta audio ke telepon penduduk.

"Demi keselamatan Anda sendiri, Anda harus segera mengungsi ke zona kemanusiaan yang baru dibuat. Daerah tempat Anda berada dianggap sebagai zona pertempuran yang berbahaya," bunyi pesan tersebut. Dilansir dari Reuters, Senin 12 Agustus 2024.

kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA, Philippe Lazzarini, mengatakan orang-orang di Gaza terjebak dan tidak punya tempat untuk pergi.

"Beberapa orang hanya mampu membawa anak-anak mereka, beberapa orang membawa seluruh hidup mereka dalam satu tas kecil. Mereka akan pergi ke tempat-tempat yang penuh sesak di mana tempat penampungan sudah dipenuhi keluarga. Mereka telah kehilangan segalanya dan membutuhkan segalanya," katanya.

Sebelumnya, pada hari Sabtu, serangan udara Israel menghantam sebuah sekolah tempat pengungsi Palestina berlindung di Kota Gaza, tanpa adanya peringatan, dan menewaskan sedikitnya 90 orang,

Militer Israel mengatakan, serangan tersebit dilancarkan untuk menyerang pos komando Hamas dan Jihad Islam. Namun tuduhan tersebut dibantah oleh kedua kelompok, karena pejuang Palestina tak pernah menggunakan tempat pengungsian sebagai pusat komando.sinpo

Komentar: