Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 06:17 WIB
HUT KE-79 RI
HUT KE-79 RI

SinPo.id -  Kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan dikirimkan dari Monas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Sabtu 10 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB. Ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Prosesi kirab akan diawali penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatra Selatan bertugas sebagai pembawa teks proklamasi.

Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band. Pada tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka. Pada tahun ini prosesi kirab akan berlangsung lebih panjang.

Dari Monas, iring-iringan tersebut menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, iring-iringan akan diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN. Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Prosesi ini merupakan pertama kali dalam sejarah. Karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN.

Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, sebagaimana disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangannya.

Berikut lokasi yang mengalami rekayasa lalu lintas:
Saat rangkaian dan pawai start dalam cawan Monas sisi utara, arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan, jalan di depan Kemenhub ditutup.

TransJakarta tetap mengalir normal
Saat iring-iringan pawai dan rangkaian bendera tiba di Patung Kuda, arus lalu lintas sepanjang MH Thamrin mulai dikurangi

Saat rombongan pawai memasuki cawan barat daya, iring-iringan rangkaian pembawa bendera dan teks proklamasi start arus lalu lintas sepanjang Jalan MH Thamrin disterilkan
Ketika rangkaian sampai di Bundaran HI, arus lalu lintas dari Bundaran Patung Kuda sampai Traffic Light (TL) Sarinah dinormalkan
Arus lalu lintas dari Bundaran HI sampai Semanggi disterilkan

Ketika rangkaian sampai di Bandung 9 arus lalu lintas dari arah Barat menuju Timur ditahan sementara

Ketika rangkaian sampai di depan Hotel Mangkuluhur (GT Semanggi I) arus lalu lintas sepanjang Jl MH Thamrin dinormalkan
Ketika rangkaian sampai di layang Ende 3 arus lalu lintas dari arah barat menuju timur dinormalkan

Ketika rangkaian sampai lampu lalu lintas Halim Baru arus lalu lintas sepanjang Jalan Gatot Subroto dari arah barat ke timur dinormalkan.sinpo

Komentar: