Ridwan Kamil: Saya akan Mencintai Jakarta dengan Seisinya, Termasuk Persija

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 09 Agustus 2024 | 13:13 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil). (SinPo.id/Dok. Pemprov Jabar)
Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil). (SinPo.id/Dok. Pemprov Jabar)

SinPo.id - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) sudah menerima mandat dari Partai Golkar untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada Jakarta 2024. Kang Emil berjanji akan mencintai Jakarta, termasuk tim sepak bolanya, Persija.

"Dulu saya di Bandung mencintai dengan seisinya, saya di Jawa Barat mencintai dengan seisinya. Kalau saya ke Jakarta saya akan mencintai dengan seisinya. Termasuk Persija. Itu mah rumus tata kerama dari orang baru masuk ke semua rumah," kata Kang Emil usai menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Kendati begitu, Kang Emil mengaku belum bisa menjelaskan detail langkah kampanye apa yang akan dilakukan untuk mendapat dukungan warga Jakarta. Walau belum punya strategi khusus, Kang Emil tidak gentar menghadapi siapa pun dalam Pilkada Jakarta.

"Saya waktu walikota lawan delapan pasang, waktu di Jabar lawan empat pasang. Jakarta dengan siapa pun siap," kata Kang Emil.

Sebelumnya, Kang Emil mengaku telah diminta secara resmi oleh Partai Golkar untuk maju sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024. Instruksi untuk maju di Pilgub Jakarta itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Saya tadi diminta secara resmi untuk maju sebagai gubernur daerah khusus Jakarta dari Partai Golkar. Jadi informalnya begitu," kata Kang Emil.

Kang Emil menjelaskan pengumuman secara formal terkait dirinya maju sebagai cagub Jakarta akan diumumkan setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) menemukan calon wakil gubernur (cawagub) pendampingnya. KIM dan Partai Golkar hingga saat ini masih menggodok sosok yang tepat untuk mendampingi Kang Emil.

Kang Emil mengaku tidak diminta partai untuk mencari sosok wakil yang tepat guna mendampinginya di Pilkada Jakarta. Namun, Kang Emil mengaku siap dipasangkan dengan siapa pun.

"Saya itu dua kali pilkada dengan wakil saya, saya harmonis. Saya itu mencintai setelah menikahi, siapapun yang tadi dijodohkan poinnya itu oleh koalisi kepada saya. Saya mah sudah teruji terbukti insya Allah pasti harmonis," kata Kang Emil.sinpo

Komentar: