PILGUB JAKARTA

Golkar Sebut Jusuf Hamka Masih Berpeluang Jadi Cawagub Ridwan Kamil

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 08 Agustus 2024 | 18:41 WIB
Jusuf Hamka alias Babah Alun (SinPo.id/Antara)
Jusuf Hamka alias Babah Alun (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Jusuf Hamka masih berpeluang menjadi calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Nama Yusuf Hamka akan dibahas di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Jusuf Hamka itu kemarin diberi surat rekomendasi, isinya sebagai bakal cagub atau bakal cawagub maka tetap sebagai bakal calon wakil gubernur masih valid, nah ini termasuk yang akan kita bicarakan setelah semua parpol pengusung apakah KIM atau KIM plus," kata Ahmad Doli saat jumpa pers di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2024.

Doli menjelaskan Golkar sebenarnya belum mengumumkan secara resmi jika Ridwan Kamil akan dimajukan bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Namun, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah memastikan bahwa Dedy Mulyadi diusung menjadi cagub Jawa Barat (Jabar). Sehingga, dengan otomatis tiket Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jabar sudah tidak ada lagi.

"Artinya, tiketnya yang sekarang masih hidup masih valid, itu ada di Jakarta, di Jakarta, Ridwan Kamil itu di Jakarta," kata Doli.

Doli menuturkan nama Jusuf Hamka dan nama-nama lain yang ditawarkan KIM akan dibahas sebelum diumumkan menjadi calon wakil gubernur. Doli juga tidak menutup kemungkinan ada nama-nama lain seperti Zita Anjani yang disodorkan PAN, Riza Patria ataupun Budi Djiwandono dari Gerindra yang akan dipertimbangkan jadi pendamping Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengatakan partai-partai yang tergabung dalam KIM Plus telah sepakat mengusung Ridwan Kamil maju sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024.

"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: