Tak Gabung KIM Plus, PDIP Godok Nama untuk Cagub Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Agustus 2024 | 19:32 WIB
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. (SinPo.id/Dok. PDIP)
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. (SinPo.id/Dok. PDIP)

SinPo.id - PDI Perjuangan (PDIP) memastikan tak akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk Pilkada Jakarta 2024. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tengah menggodok nama untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub).

"Kami lagi menggodok calon sendiri," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2024.

Said menyatakan PDIP mempersilakan KIM Plus mengusung Ridwan Kamil sebagai cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Dia menilai perbedaan pilihan dukungan kepada sosok cagub merupakan hal wajar dalam negara demokrasi.

"Sebagaimana disampaikan oleh Pak Dasco (Ketua Harian Partai Gerindra) ini ya bahwa untuk DKI Jakarta ada KIM Plus ya wajar saja, apa yang mau dikomentari. Masa orang melakukan sesuatu PDIP kemudian akan marah," ucapnya.

Namun, Said enggan menjawab apakah PDIP melirik mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal cagub yang akan diusung pada Pilkada Jakarta.

Dia menekankan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus memenuhi syarat kecukupan suara untuk dapat mengusung bakal calon kepala daerah dengan menjajaki koalisi dengan partai politik (parpol) lainnya.

"Kami ingin menggenapi yang tadi 24 kursi. Kalau bicara calon duluan, kursinya tidak genap kan dianggap mimpi sama orang-orang. Nah, PDIP ini maunya apa? Kursinya belum cukup sudah bicara orang. Lucu. Yang paling penting dibalik orang itu bagaimana kebijakan visi-misi yang akan diemban oleh setiap calon," kata Said.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengatakan bahwa partai-partai yang tergabung dalam KIM Plus sepakat mengusung mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk maju sebagai bakal cagub dalam Pilkada Jakarta 2024.

"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco.sinpo

Komentar: