Sempat Tersangkut Kasus Sambo, AKBP Ari Cahaya Kini Jadi Kapolres Demak

Laporan: Firdausi
Minggu, 28 Juli 2024 | 14:26 WIB
AKBP Ari Cahyo (SinPo.id/Tribun)
AKBP Ari Cahyo (SinPo.id/Tribun)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di tubuh Polri. Setidaknya ada 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) yang terkena mutasi jabatan. 

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024. Telegram ini ditandatangani oleh As SSDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

Salah satu perwira menengah yang mendapat jabatan baru adalah polisi yang tersangkut kasus Sambo, AKBP Ari Cahaya Nugraha atau Acay. 

Acay kini diberi jabatan sebagai Kapolres. Jabatan Ari sebelumnya merupakan Analis Kebijakan Muda Bidang Binkar SSDM Polri. 

"Diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Demak, Polda Jateng," demikian keterangan pada Surat Telegram, dikutip Minggu, 28 Juli 2024. 

Sementara Kapolres Demak sebelumnya, AKBP Muhammad Purbaja, dipromosikan menjadi Wadirlantas Polda Jateng. 

Diketahui, Acay terseret kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J oleh mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. 

Acay merupakan satu dari sekian polisi yang dihubungi Sambo, sesaat Brigadir J tewas ditembak Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, atas perintah mantan jenderal bintang dua Polri itu. Acay diminta Sambo untuk mengecek CCTV sekitar lokasi. 

Acay sempat melihat jenazah Yosua tergeletak pasca dibunuh Sambo. Akibat kasus itu, Acay dicopot dari jabatannya yakni Kanit I Subit III Dittipidum Bareskrim Polri, dan dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Meski demikian ia lolos dari sanksi pidana.  sinpo

Komentar: