Seragam Upacara Olimpiade 2024 Tim Indonesia Karya Didit Hediprasetyo Diulas Media Internasional

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 26 Juli 2024 | 22:18 WIB
Seragam upacara Olimpiade tim Indonesia karya Didit Hediprasetyo (SinPo.id/ Instagram)
Seragam upacara Olimpiade tim Indonesia karya Didit Hediprasetyo (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Setelan baju resmi yang akan digunakan kontingen Indonesia di hari upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 telah dirilis.

Sebagai perancang busana, Didit Hediprasetyo membuat setelan baju resmi yang elegan, sederhana, dengan kental kesan tradisional.

Dalam Instagram @didit.hediprasetyo, ia mengunggah dua gambar yang menunjukkan pakaian hasil desainnya, yang diperuntukan bagi kontingen Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Tampak setelan prianya mengadopsi gaya biker dengan jaket denim stonewashed yang berasal dari Beskap. Terlihat memang jas pria tradisional Jawa, dipadukan dengan celana panjang putih bersih menambah tampilan atletis. Tak ketinggalan Blangkon, penutup kepala tradisional Jawa.

Sedangkan untuk seragam wanita terlihat atasannya mode Kebaya Kutubaru dengan warna merah menyala yang elegan. Bagian atas dipadukan dengan celana olahraga putih, memadukan kesan luwes, bersih, atletis dan keanggunan.

Dilansir dari laman media mode internasional Vanity Fair disebutkan, kreasi setelan ini merupakan wujud pendekatan holistik yang menghormati kinerja atletik dan kebanggaan budaya. Setiap karya merupakan penghormatan terhadap warisan budaya Indonesia yang dinamis, dan meningkatkan rasa persatuan dan kepemilikan.

“Tujuan saya adalah menciptakan desain yang mencerminkan kebanggaan, semangat, dan ketahanan bangsa, sekaligus memastikan para atlet kita tampil dan merasakan yang terbaik saat bertanding di pentas dunia,” kata Didit, dikutip Jumat (26/7).

Didit mengungkapkan dalam artikel itu bahwa dirinya terinspirasi dari sosok Raden Saleh, seorang pelukis romantis asal Jawa. Perjalanan seniman dari Jawa Tengah hingga ke istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan Indonesia di kancah global.

Karya-karya Raden Saleh yang hadir di ruangan Rijksmuseum dan Louvre merupakan perpaduan antara akar Jawa dan romantisme Eropa, sebuah warisan seni yang berhasil disampaikan Didit dengan apik melalui mode fesyen.

Selain Vanity Fair, artikel mengenai desain baju opening ceremony bagi tim Indonesia di Olimpiade ini juga dimuat di majalah Vogue Prancis dan majalah Numero Prancis.sinpo

Komentar: