JK Ungkap Hamzah Haz Punya Riwayat Sakit Lambung Sebelum Wafat

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 24 Juli 2024 | 16:51 WIB
Mantan Wapres RI Jusuf Kalla saat melayat ke rumah duka Hamzah Haz. (SinPo.id/Tio)
Mantan Wapres RI Jusuf Kalla saat melayat ke rumah duka Hamzah Haz. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyebut, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, almarhum Hamzah Haz memiliki riwayat sakit lambung sebelum wafat. 

"Saya tadi disampaikan oleh putra beliau (Hamzah Haz) ini, sakit lambung, tapi wafatnya (bukan sakit lambung) beliau tiba-tiba gitu ya, tidak di rumah sakit," kata JK usai melayat di kediaman rumah duka Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur, Rabu, 24 Juli 2024.

Menurut JK, sosok Hamzah Haz merupakan tokoh politisi yang memegang teguh nilai-nilai keislaman. JK mengenang, ketika Hamzah Haz ingin menjadi Wapres, dirinya turut mendukung kala itu di MPR.

"Saat awal beliau akan menjadi wapres, saya ikut mendukung beliau di MPR. Karena ini tokoh islam yang baik, tenang dan punya pikiran-pikiran yang baik," ucapnya.

JK mengatakan, nilai-nilai yang patut diteladani dari sosok Hamzah Haz ialah berpolitik dengan etika, demi kemajuan bangsa.

"Beliau telah melaksanakan itu sebagai wakil presiden dan ketua partai PPP," tandas JK.

Sementara itu berdasarkan keterangan keluarga, Hamzah Haz meninggal saat akan melaksanakan Salat Duha. Ketika itu, Hamzah Haz merasa pusing saat hendak berdiri.

"Nggak ada sih sama sekali (sakit). Jadi begitu bangun tidur, mau salat Duha. Jadi bangun tidur langsung berdiri tiba-tiba blank. Tapi dalam keadaan tidur," kata Agus Haz.

Seperti diketahui, Hamzah Haz meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 24 Juli 2024, pukul 09.30 WIB di usia 84 tahun.sinpo

Komentar: