Hidupkan Solidaritas Global South, Indonesia Undang Afrika Timur di IAF Ke-2

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 22 Juli 2024 | 09:49 WIB
Wamenlu Pahala Mansury bersama Wamenlu dan Kerjasama Afrika Timur Tanzania, Mbarouk Nassor Mbaroukdok Kemlu (SinPo.id/Kemlu)
Wamenlu Pahala Mansury bersama Wamenlu dan Kerjasama Afrika Timur Tanzania, Mbarouk Nassor Mbaroukdok Kemlu (SinPo.id/Kemlu)

SinPo.id - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Mansury, menyampaikan undangan kepada Afrika Timur Tanzania untuk Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, yang diselenggarakan untuk menghidupkan kembali semangat solidaritas Global South.

Undangan tersebut, disampaikan oleh Wamenlu Pahala saat bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Timur Tanzania, Mbarouk Nassor Mbarouk dan kalangan bisnis Tanzania di Dar Es Salaam.

"Penyelenggaraan IAF ke-2, diharapkan dapat hidupkan kembali semangat solidaritas Global South, khususnya antara Indonesia dan Afrika," kata Wamenlu dalam keterangan resminya, dikutop Senin, 22 Juli 2024.

Di samping itu, Indonesia berharap akan kehadiran dan partisipasi aktif para pengusaha dari Tanzania pada IAF ke-2, khususnya pada country-specific business forum, pameran dan pertemuan bisnis terkait lainnya. 

Indonesia juga berharap akan kehadiran Presiden Tanzania dan para pejabat Pemerintah serta kalangan bisnis Tanzania pada IAF ke-2, untuk menjajaki pembentukan Preferential Trade Agreement dan Bilateral Imvestment Treaty, untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi antar kedua negara.

"Kami juga mendorong penguatan kerja sama antar kedua negara yang telah berjalan selama ini, yaitu di sektor pertanian dan ketahanan pangan, kerjasama di bidang migas dan Kesehatan," jelasnya.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut dibahas juga potensi kerja sama ke depan, termasuk produksi dan pemrosesan minyak kepala sawit, sektor mineral dan rantai pasok baterai EV, pendidikan serta peningkatan kapasitas.sinpo

Komentar: