Dekati Pemilih Muda, Pengamat: Kans Menang Faida Terbuka Lebar

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 11 Juli 2024 | 14:11 WIB
Mantan Bupati Jember, Faida (Sinpo.id/Pemkab Jember)
Mantan Bupati Jember, Faida (Sinpo.id/Pemkab Jember)

SinPo.id -  Lembaga Survei Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) merilis data survei terbarunya tentang Pilihan dan opini Gen Z dan Milenial Kabupaten Jember jelang Pilkada 2024.

Dari temuan survei tersebut, Direktur Eksekutive LPMM, Robby Rosyadi mengatakan terdapat 5 nama bakal calon Bupati Jember yang meraih suara terbanyak. Mereka terdiri dari Faida, Hendy Siswanto, M Balya Firjaun, Karimullah Dahrujiadi dan M Fawait.

"Dan nama calon Bupati Jember yang paling disukai dan diterima oleh Gen Z & Milenial dikabupaten Jember nama dokter Faida disukai dan diterima sebanyak 86,8 persen; kemudian Petahana Bupati Jember Hendy Siswanto 60,1 persen; Gus Firjaun 56,5 persen; Karimullah Dahruaji 53,4 persen; Gus Fawait 49,6 persen; dan Jaddin Wajad 48,7 persen; Hadi Supaat 43,7 persen," kata Robby dalam keterangannya Rabu, 10 Juli 2024.

Robby mengatakan ada 3 karakter utama yang diinginkan dari pemimpin Jember  dari pemilih Gen Z dan Milenial yakni, jujur dan tidak korupsi, merakyat dan sederhana, serta tegas dan berwibawa.

Survei tersebut juga memperoleh hasil dimana Gen Z dan Milenial Jember menekankan pentingnya rekam jejak baik dan ingin calon bersih dari masalah hukum.

"Untuk elektabilitas dengan simulasi 7 nama,hasil survei membuktikan Tingkat elektabilitas sebagai berikut dokter Faida  28,6 persen; Hendy Siswanto  23,3 persen; Gus Firjaun 11,9 persen; Gus Fawait  9,3 persen; Karimullah Dahruaji 8,4  persen; Muhammad Jaddin Wajad 3,7 persen; dan Hadi Supaat  2,9 persen dan tidak memberikan pilihan 10,9 persen," jelasnya.

Sementara simulasi 4 nama calon Bupati Jember  yang paling diminati Gen Z & Milenial adalah dokter Faida 42,7 persen Hendy Siswanto 25,1 persen dan Gus Firjaun 11,2 persen, dan Gus Fawait 10,7 persen dan tidak memberikan pilihan 10,3 persen.

Sebagai informasi, responden dalam survei terpilih dari 22 kelurahan, dan 226 desa. Adapun bjek survei didasari karena mereka memiliki tingkat kesadaran politik lebih tinggi dibanding kelompok lain.

Menyoroti survei tersebut, Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM)yang juga Warek UTM, Surokim Abdussalam menilai banyak pemilih Gen Z dan Milenial lebih memilih mantan Bupati Jember Faida, karena banyak program yang telah dilakukan terhadap anak-anak muda di Jember, seperti pendidikan yaitu bantuan beasiswa,kemudahan untuk transportasi umum dan lainnya.

"Banyak pemilih Gen Z & Milenial lebih memilih mantan Bupati Jember Faida di survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) karena banyak program yang telah dilakukan terhadap anak-anak muda di Jember, seperti pendidikan yaitu bantuan beasiswa,kemudahan untuk transportasi umum dan lainnya," kata Surokim kepada wartawan Rabu, 10 Juli 2024.

Surokim menilai bahwa unggulnya Faida di kalangan anak muda, karena pemilih muda lebih dominan memilih pemimpin yang bekerja untuk kepentingan pembangunan daerahnya agar maju.

"Unggulnya Faida di kalangan anak muda atau Gen Z & Milenial karena pemilih muda lebih dominan memilih pemimpin yang bekerja untuk kepentingan pembangunan daerahnya agar maju," jelasnya.sinpo

Komentar: