Filipina Berharap Bisa Tingkatkan Kerja Sama Dengan TNI AD

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 10 Juli 2024 | 22:52 WIB
Pertemuan antara Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dan Liutenant General Roy Galido (Sinpo.id/Dispenad)
Pertemuan antara Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dan Liutenant General Roy Galido (Sinpo.id/Dispenad)

SinPo.id -  Commanding General of The Philipines Army (Kasad Filipina) Lieutenant General Roy Galido berharap ke depan pihaknya dapat meningkatkan kerja sama dengan TNI AD.

Hal tersebut diungkapkannya kala mengunjungi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya mempererat hubungan bilateral antara Angkatan Darat Indonesia dan Filipina.

Untuk itu, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan apresiasinya atas kunjungan kehormatan tersebut, serta kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Dalam Courtesy Call tersebut, kedua pimpinan Angkatan Darat negara ASEAN ini kembali membahas tentang berbagai kerja sama diantara keduanya.

Diantaranya kerja sama militer, keamanan regional, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas prajurit masing-masing melalui program pertukaran pendidikan setingkat Perwira.

"Kami sangat menghargai hubungan baik yang telah terjalin antara Angkatan Darat Indonesia dan Filipina. Pertemuan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kita di masa mendatang," ujar Jenderal Maruli demikian dikutip dari siaran pers Dispenad, Rabu, 10 Juli 2024.

Senada dengan itu, Lieutenant General Roy Galido juga menegaskan komitmennya untuk terus menjaga hubungan dengan Angkatan Darat Indonesia agar tetap erat dan harmonis seperti saat ini.

Kunjungan kehormatan ini juga diharapkan dapat menjadi dasar yang kuat untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama kedua negara dalam menghadapi tantangan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

"Kami (Angkatan Darat Filipina) berharap, dapat meningkatkan kerja sama (dengan Angkatan Darat Indonesia) di berbagai bidang. Termasuk latihan militer bersama dan pertukaran personel untuk meningkatkan profesionalisme personel Angkatan Darat kedua negara," ungkapnya.

Dalam kunjungan kehormatan ini, Kasad Filipina disambut dengan upacara militer di lapangan Mabesad, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh kedua Kasad negara sahabat itu.sinpo

Komentar: