Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan Senilai Rp35,5 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Juli 2024 | 18:38 WIB
Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan (SinPo.id/Youtube BNPB)
Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan (SinPo.id/Youtube BNPB)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 8 Juli 2024.

Dalam pernyataan persnya, Jokowi menjelaskan, perubahan iklim dan pemanasan global telah menimbulkan anomali cuaca memicu terjadinya berbagai bencana, tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia.

"Kita tahu pada 24 Mei 2024 telah terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga di Papua Nugini. Pada bulan Oktober 2023 juga terjadi bencana gempa bumi di Afganistan yang menimbulkan banyak korban jiwa dan pengungsi," ujar Jokowi dikutip siaran YouTube BNPB Indonesia.

Oleh karena itu, Jokowi mengungkapkan, Indonesia harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

"Karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Papua Nugini maupun Afganistan," katanya.

Jokowi mengungkapkan, bantuan yang dikirimkan ke Papua Nugini senilai Rp 18 miliar dalam bentuk obat-obatan, makanan tambahan, hingga hygiene kit. Sedangkan bantuan yang dikirimkan ke Afganistan bernilai Rp 17,5 miliar terdiri dari 10 item jenis bantuan.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita di Papua Nugini dan Afganistan dan bisa membuat mereka bangkit kembali," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan agar delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan ini menjaga amanah sebaik-baiknya. 

"Dan menjaga keselamatan selama bertugas dan selamat kembali ke tanah air," tandasnya.sinpo

Komentar: