Belanda Genggam Tiket Semifinal Euro 2024 Usai Singkirkan Turki

Oleh: ANTARA
Minggu, 07 Juli 2024 | 04:10 WIB
Belanda vs Turki
Belanda vs Turki

SinPo.id Belanda bangkit dari ketertinggalan pada babak pertama perempat final Euro 2024 untuk menang 2-1 atas Turki di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Turki mengejutkan Belanda ketika Samet Akaydin membawa negaranya unggul pada menit ke-35. Belanda yang mengubah gaya permainan pada babak kedua membalas dan kemudian berbalik unggul untuk keluar sebagai pemenang melalui gol Stefan de Vrij pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Mert Muldur pada menit ke-76.

Memphis Depay mengawali ancaman pertama Belanda ketika tusukannya membuat dia  bebas melakukan tembakan di kotak penalti Turki. Namun sayang, striker 30 tahun itu terpelesat sata menendang sehingga bola tembakan kaki kananya yang alih-alih membahayakan gawang Turki, malah melambung tinggi.

Belanda lalu mengambil alih dominasi permainan. Namun, lima bek yang dipasang Vincenzo Montella membuat Oranye kesulitan membuat peluang berbahaya.

Saat Belanda keasikan menyerang, Turki menemukan celah dengan mengeksploitasi ruang kosong di belakang pemain terakhir Oranye karena melakukan garis pertahanan tinggi.

Baca juga: Inggris ke semifinal setelah singkirkan Swiss lewat adu penalti

Bola-bola direct pass banyak dikirim para pemain Turki kepada striker mereka Baris Yilmaz yang memiliki kecepatan dan Belanda pun kewalahan menghadapi pola serangan Ay-Yildizlilar yang juga banyak mengincar situasi bola-bola mati.

Situasi yang diharapkan Turki berjalan sesuai rencana. Mereka banyak memenangkan bola mati dan pada akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tercipta pada menit ke-25 melalui sundulan Samet Akaydin yang maju menyambut umpan silang dari kaki kanan Arda Guler.

Setelah kebobolan, Belanda berusaha mencari gol penyama kedudukan. Namun, gol yang ditunggu tak kunjung hadir sehingga skor satu gol untuk keunggulan Turki bertahan hingga selesainya babak pertama.

Pada babak kedua, pelatih Belanda Ronald Koeman membuat pergantian cepat dengan mengganti Steven Bergwijn untuk memasukkan Wout Weghorst yang menemani Depay di depan guna mengganggu harmonisasi lima bek Turki yang sangat rapat.

Pergantian yang dilakukan Koeman berhasil setelah gawang Belanda hampir kebobolan kedua kalinya melalui tendangan bebas Guler pada menit ke-55, ketika Weghorst mendapatkan peluang berbahaya pada menit ke-69 yang ditepis Mart Gunok yang kemudian menghasilkan bola tendangan penjuru bagi Belanda.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda ketika Stefan de Vrij yang secara bebas menanduk bola masuk ke gawang Turki setelah memanfaatkan umpan Depay. Skor berubah 1-1.

Oranye bermain semakin percaya diri dan enam menit kemudian, melalui tempo serangan cepat, Cody Gakpo memaksa bek tengah Turki Mert Muldur menyarangkan gol bunuh diri setelah menyelesaikan umpan datar Denzel Dumfries. Belanda berbalik unggul 2-1.

Setelah tertinggal, Turki tampil habis-habisan mengejar gol penyama kedudukan. Namun keberuntungan masih tak di pihak mereka ketika tendangan Zeki Celik ke gawang yang sudah kosong masih diselamatkan Micky van de Ven dan peluang emas dari jarak dekat Semih Kilicsoy pada menit-menit akhir masih diselamatkan Bart Verbruggen.

Skor 2-1 untuk kemenangan Belanda bertahan hingga akhir laga. TOranye melaju ke semifinal Euro 2024 untuk  melawan Inggris pada Kamis pukul 02.00 WIB pekan depan di Signal Iduna Park, Dortmund.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Belanda: Bart Verbruggen, Denzel Dumfries, Dtefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders, Steven Bergwijn, Xavi Simons, Cody Gakpo, Memphis Depay
Pelatih: Ronald Koeman

Turki: Mart Gunok, Mert Muldur, Kaan Ayhan, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Arda Guler, Salih Ozcan, Hakan Calhanoglu, Kenan Yildiz, Baris Yilmaz
Pelatih: Vincenzo Montella.sinpo

Komentar: