EVALUASI HAJI 2024

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Layanan Konsumsi di Tanah Suci

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Juli 2024 | 20:33 WIB
Anggota Timwas Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah (SinPo.id/ Ashar)
Anggota Timwas Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Anggota Timwas Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah meminta pemerintah evaluasi layanan konsumsi di Tanah Suci, lantaran banyaknya jemaah haji yang mengalami diare akibat konsumsi makanan yang tidak layak.

“Jemaah terkena diare dari embarkasi Solo, Sumbar, Lampung dan Surabaya akibat konsumsi makanan yang tidak layak pada hari hari awal,” kata Luluk, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 1 Juli 2024.

Menurutnya, konsumsi bagi jemaah haji harus memenuhi standar pangan. Artinya, bukan hanya memperhatikan gizi atau kandungan protein, tetapi juga kelayakan dari makanan itu sendiri.

Selain itu, banyak Jemaah haji yang tidak menyukai makanan yang disajikan karena tidak sesuai dengan cita rasa khas masakan Indonesia. Padahal, jemaah haji telah dijanjikan akan disajikan makanan Indonesia seperti rendang, opor ayam, mangut lele, dan sebagainya.

“Chef tidak dari Indonesia melainkan Bangladesh sehingga banyak Jemaah yang menolak untuk makan karena tidak suka. Chef Indonesia hanya berjumlah 6 orang," ungkapnya.

Oleh karena itu, Luluk berharap Pemerintah perlu mengevaluasi operator penyedia konsumsi Indonesia Karena konsumsi merupakan hal penting untuk tenaga dan kesehatan Jemaah. Terlebih pemerintah juga diminta transparan ketika lelang masalah catering.sinpo

Komentar: